Yang Lagi NGETREND oleh Ade Tauhid

Yang Lagi Ngetrend
By Ade Tauhid

Sejak masa Pandemi, merawat tanaman hias, sudah menjadi hobi baru Maktri.

Sebenernya sih enggak bisa dibilang hobi juga sih, Maktri khan atut sama cacing .. hiiiy.
Maktri itu cuma suka dowang lihat tanaman.

Kalau soal tanam menanam Paksu yang jadi andalan Maktri, begitu juga nyiram menyiram. Intinya yang merawat tanaman itu Paksu deh dan Maktri hanya penikmat. Ha ha ha.

Tapi karena kesibukan Paksu, akhir-akhir ini Paksu jarang merawat tanaman.Tanaman hias Maktri jadi banyak yang layu.

Bahkan saking jarang dirawat aglonema kesayangan Maktri yang lagi ngetrend yang harganya konon katanya mahal, itu porak-poranda dipatok dan diinjek-injek ayam tetangga.

Karuan aja itu ayamnya Maktri potong dan dijadiin opor. Enggak ding, Ha ha ha.

Adalagi tanaman janda bolong, Maktri punya dua pot. Tadinya daunnya seger tegak dan melingkar lingkar, kini daunnya sudah menggelepar gelepar ditanah, hidup segan mati tak mau, kering kerontang diye, megap-megap kena dehidrasi. Hadeh!

Padahal itu taneman khan Mehong, yang konon juga katanya harganya fantastis, bisa seharga tanah warisan.
Jangan enggak caya, lo!

Tapi ini beneran deh, Maktri pernah denger berita kalau ada yang beli tanaman janda bolong itu seharga 500 juta!

Busyet! Percaya, enggak? Kalau Maktri percaya sih , soalnya orang itu jual janda bolongnya sama kebonnya satu hektar. Ha ha ha.

Nah, beberapa hari ini Maktri rajin siram bunga.
Biasanya andalan Maktri khan Paksu.

“Kasihan Paksu sibuk,” kata Maktri.
Tumben ya.
Padahal untuk menyiram bunga Maktri harus bersusah payah dulu memasang selang panjang dari keran air di dapur.

Paksu jadi curiga. Biasanya kalau Maktri mau bersusah payah begini, Maktri pasti ada maunya deh.

“Pi, beliin Mami taneman keladi dong. Lagi ngetren lo, Pi, sekarang,” kata Maktri sambil usap-usap bahu Paksu yang lagi duduk ngopi.

Tuh khan, dugaan Paksu, Maktri ada maunya.

“Kata siapa ngetrend? Keladi mah di kebon kebon juga banyak Mi. Tanaman liar itu,” kata Paksu.

“Idih Papi mah kemse’upay, enggak update! Taneman keladi lagi naik daun Pi sekarang. Makanya denger berita dong. Taneman keladi itu ya Pi, harganya sudah hampir saingan sama aglonema -mahal! Harganya sudah seharga sekilo beras,” kata Maktri.

Jiyah!! Kirain seharga sepuluh karung Mak.

“Beliin ya, Pi,” kata Maktri ngerayu, kali ini janggut Paksu yang tumbuhnya jarang yang diusap Maktri.

“Iya, nanti dibeliin,” kata Paksu sambil nyeruput kopinya.

“Bener ya, Pi,” kata Maktri.

“Ho-oh.”

“Yang ini, nih,” kata Maktri senang sambil menunjukkan gambar keladi di handphonenya.

“Beliin yang ini yang dua warna, ya Pi. Warnanya merah sama hijau, Namanya keladi baret merah. Sama yang ini namanya keladi wayang, itu warnanya agak pink Pi. Trus sama yang ini nih keladi apa ya? Bentar, apa ya namanya?” kata Maktri sambil Googling.

“Oh itu namanya keladi tua, Mi,” celetuk Paksu. “Tua tua keladi, he he he.”

“Idih! Itu mah Papi,” balas Maktri sambil mengerenyitkan hidungnya.

“Enak aja ngatain. Enggak Papi beliin lo,” kata Paksu ngambek.

“Beliin dunk, Pi. Papi ganteng deh!” kata Maktri kepaksa ngerayu ulang.

“Cuma tiga jenis keladinya yang Mami minta?” tanya Paksu.

“Iya, tiga aja,” jawab Maktri.

“Yang ijo ijo daunnya Mami mau?” tanya Paksu.

“Iya, mau!” jawab Maktri senang.

“Sip, besok Papi bawain,” kata Paksu.

“Bener, Pi?”
Paksu mengangguk yakin.

“Keladi begituan mah banyak Mi di kuburan deket rumahnya Pak Darto, temen Papi. Ada yang pink, ada yang ijo, ada yang bintik bintik merah, banyaklah pokoknya. Nanti Papi ambilin sebanyak yang Mami mau,” kata Paksu dalam hati.

Iya dalem hati aja ngomongnya, soalnya kalau Maktri denger Paksu ngambil keladinya di kuburan. Bisa bisa Maktri teriak teriak. Maktri khan akut sama yang serem serem.

Pssstt diem diem ya, pemirsah!

Ha ha ha ….

Bandar Lampung, Senin 23 Nov 2020

Nulisbareng/AdeTauhid

0Shares

Tinggalkan Balasan