Fuyunghai

Tips Menyimpan Telur dan Bonus Resep Fuyunghai Sederhana oleh Siti Rachmawati M.

Tips Menyimpan Telur dan Bonus Resep Fuyunghai Sederhana

Oleh : Siti Rachmawati M.

            Seperti kita ketahui, saat bulan puasa Ramadan atau lebaran. Bisa dipastikan sirkulasi penjualan telur bergerak sangat fluktuatif. Grafik semakin naik, apalagi saat lebaran semakin dekat. Para produsen kue kering, cake atau makanan lain berlomba-lomba menjajakan dagangannya.

            Sebagai konsumen, sebaiknya kita cukup selektif saat membeli telur. Karena telur adalah menu lauk yang mudah didapat dan mudah diolah. Telur sebagai alternatif pilihan yang paling mudah, saat kita tidak punya lauk apapun. Namun, pastikan cara penyimpanan telur yang tepat, ya?

Berikut ini tipsnya :

  1. Jika ingin menyimpan telur di dalam kulkas, letakkan di bagian selain pintu kulkas. Karena jika diletakkan di pintu kulkas, maka suhu telur akan berubah-ubah saat pintu kulkas dibuka tutup berkali-kali. Sehingga akan mempercepat rusaknya telur. Seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik, Cindiawaty Pudjiadi, “Telur harus langsung dimasukkan ke kulkas sesudah dicuci,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (3/5/2020).
    Kualitas telur yang sudah dicuci kemudian dimasukkan kulkas bisa bertahan hingga dua pekan. Sementara telur yang tidak dicuci kemudian masuk kulkas bisa bertahan lebih lama.
  2. Bagi Anda yang tidak memiliki kulkas, tidak perlu khawatir. Karena telur bisa disimpan di suhu ruangan. Bahkan telur bisa bertahan selama satu bulan di suhu ruangan asal tidak dicuci.
    “Kalau telur dibersihkan (di suhu ruangan) harus segera dikonsumsi karena bagian pelindungnya hilang,” katanya.
    Pastikan saat membeli telur, pilih yang berkualitas dengan ciri cangkang bersih, permukaan halus, tidak berbau dan tidak retak.

Demikian tips menyimpan telur yang baik. Berikut ini adalah resep Fuyunghai sederhana sebagai menu pilihan berbuka puasa atau bersantap sahur.

Fuyunghai Sederhana

Bahan :

3 butir telur
1 wortel
¼ kol kecil
4 batang daun bawang
2 cabe merah keriting buang bijinya
4 butir bawang merah
1 sdm tepung terigu
½ sdm tepung beras
Kaldu jamur secukupnya (atau kaldu apa saja yang ada di rumah)
Lada secukupnya
Gula pasir secukupnya
Minyak goreng
Saus tomat botolan
Saus tiram
Tepung maizena secukupnya

Caranya :

  1. Iris-iris kol, wortel, daun bawang, bawang merah dan cabe menjadi potongan kecil. Tambahkan tepung terigu dan tepung beras. Aduk rata
  2. Kocok lepas 3 butir telur dan tuang ke campuran sayuran tadi. Tambahkan kaldu jamur, gula dan lada.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya ke wajan dengan api kecil. Lalu tuang adonan ke wajan.
  4. Siram-siram pinggiran telur dan tengah dengan minyak agar matang. Bila bagian bawah sudah berwarna kuning keemasan, balik perlahan. Bila kedua sisi sudah matang, besarkan apinya sepaya lebih kering fuyunghai-nya. Angkat. Matikan kompor.
  5. Untuk saus, tuang saus tomat botolan ke wajan. Tambahkan saus tiram sedikit, cuka, gula pasir, dan air. Bila ingin kental, tambahkan campuran air dan maizena. Koreksi rasa.
  6. Fuyunghai siap disajikan.

Grobogan, 15 Mei 2020

Jumlah kata : 427 kata

Nulisbareng/Siti Rachmawati M.

Sumber info : Liputan6.com. Tips Tepat Simpan Telur di Luar dan di Dalam Kulkas. Diposting 3 Mei 2020 pukul 05.00 WIB. Diakses 14 Mei 2020 pukul 13.00 WIB.

0Shares

2 comments

Tinggalkan Balasan