Seronok dan Senonoh oleh Nopiranti

Seronok dan Senonoh

(Nopiranti)

Kali ini kita simak yuk Bincang Literasi di channel Nubar Pro bersama founder DTC (Deejay Training Centre), Pak Deejay Supriatno, dan pembawa acara bersuara merdu, Kang Aan. Materi yang dibahas tentang penggunaan kata Seronok dan Senonoh.

Hayo, apa yang terlintas di benak anda saat membaca dua kata itu? Sama kah dengan pemikiran saya kalau kata seronok dan senonoh itu menimbulkan kesan negatif? Rasanya kok kurang menyenangkan ya saat ada orang yang menyematkan kata itu pada diri kita? Betul apa betul pendapat saya?

Setelah mendengarkan penjelasan Pak Deejay, saya mendapat pencerahan, nih. Ternyata selama ini saya keliru, teman-teman. Senonoh dan seronok itu dua-duanya memiliki arti yang baik. Kalau tidak percaya ayo kita lihat penjelasan resmi arti kata itu di KBBI yuk.

Menurut KBBI, seronok artinya menyenangkan hati; sedap dilihat atau didengar. Sementara senonoh memiliki arti patut, sopan, manis dipandang.

Setelah melihat pengertian dua kata di atas, saya mencoba untuk mereka ulang pemahaman saya tentang pemakaian yang tepat kata tersebut dalam kalimat.

Jadi saat saya bilang “Perempuan itu nampak seronok,” itu artinya perempuan itu nampak menyenangkan hati saat dipandang, sedap dilihat penampilannya, atau didengar tutur katanya. Bukan sebaliknya seperti perkiraan saya selama ini kalau ada yang bilang “Kamu seronok” itu artinya kamu kurang baik penampilannya, tidak menyenangkan dilihat ataupun didengarkan. Fix , saya salah selama ini.

Lalu saat ada orang bilang “Dia berbuat tidak senonoh padaku”, itu artinya dia telah melakukan perbuatan tidak patut, tidak sopan, tidak manis untuk dipandang. Nah, kalau ini saya sudah benar selama ini. Hanya permasalahannya saya jarang atau bahkan belum pernah sama sekali memakai kata senonoh untuk memberi pujian atau rasa hormat pada orang lain. Karena sejatinya saat kita mengatakan seseorang itu senonoh berarti kita sedang menjelaskan bahwa dia itu berlaku dengan patut, sopan, dan manis dipandang. Ini yang perlu saya biasakan sekarang.

Bincang Literasi

Untuk menambah pemahaman tentang kata Senonoh, saya coba ya menulis sebuah puisi dengan kata tersebut. Semoga berkenan ya.

SENONOH

Siapakah itu gadis cantik menawan hati?

Energi ceria terpancar dari senyum ramah nan manis dan binar mata bahagia penuh kehangatan

Nyaman rasanya bercengkrama dan menyimak tutur lisannya yang sopan dan bijak bestari

Orang tua dan sahabat muda sulit untuk tak jatuh hati padanya

Nantikan selalu kebersamaan dengannya yang membuat jiwa merindu ingin selalu berlama-lama di dekatnya

Oase ilmu dan akhlak mulia yang menyejukkan bagi teman dan saudara

Hadirmu selalu dinanti, menumbuhkan kagum di hati, memekarkan semangat memperbaiki diri, agar bisa seindah dan sememesona dirimu

SERONOK

Sedap dipandang indah dilihat, itulah dirimu

Embun penyejuk ketika lisanmu bertutur

Ramai kawan mengagumi indah akhlakmu

Orang tak jemu menyimak teladan laku lampahmu

Nanti dan selamanya semoga pesona cemerlangmu takkan pernah pudar

Ombak dan badai yang menyapa langkahmu, janganlah membuatmu surut berbuat baik

Kuatkan hati untuk tetap bertahan melenggang di jalan kebaikan

Rabu, 9 Desember 2020

NulisBareng/Nopiranti

0Shares

Tinggalkan Balasan