Secangkir teh buat Paksu oleh Ade Tauhid

Secangkir teh buat paksu
By Ade Tauhid

Masih masa Pandemi, seperti biasa zona di daerah tempat tinggal Maktri masih berubah-ubah.

Seminggu yang lalu zona merah, sekarang zonanya sudah kuning kehijau-hijauan. Berarti zona sudah lumayan aman.

Karena sudah lumayan aman, tadi pagi Maktri ngajak paksu ke pasar tradisional, beli pisang kepok buat digoreng.

“Buat teman minum teh tar malem mingguan,” begitu kata maktri. Hahai!


“Mau Papi bantu Mi?” tanya Paksu masuk ke dapur.

“Boleh,” jawab Maktri sambil nyerahin satu sisir pisang kepok kerangan Paksu. “Nih, Papi kupasin!”

Beuh! Dikasihin semua lagi pisangnya, padahal tadi Paksu cuma basa-basi, deh.

Bayangan Paksu tadi cuma bantu goreng-goreng dowang, bolak-balikin pisang di penggorengan sambil meluk pinggang Maktri dari belakang gitu, kayak di sinetron sinetron. Ha-ha-ha.

Maktri ni enggak ada romantis romantis nya, ya, batin Paksu sebel sambil duduk di kursi dapur ngupasin pisang kepok.

Sementara Paksu ngupasin pisang, Maktri membuat adonan tepung.

“Bawa sini Pi, yang sudah dikupasin,” kata Maktri.

Paksu manggut manggut nurut. Paksu khan suami baik, masak enggak nurut? Bisa diteriakin Maktri, ntar.

“Papi mau teh?” tanya Maktri sambil nyemplungin pisang satu-satu ke penggorengan.

“Boleh,” sahut Paksu senang sambil berjalan menghampiri Maktri.

Lalu mengambil alih sutil dari tangan Maktri.

“Mami bikinin teh dulu ya, Pi.” kata Maktri.

“Gulanya enggak usah banyak banyak, Mi,” kata Paksu.

“Kenapa? Ssst .. enggak usah dijawab!” kata Maktri sambil telunjuknya ditaruh ke bibir Paksu.

“Pasti Papi mau minum tehnya sambil lihatin Mami khan? Mami khan manis?” kata Maktri genit sambil kedip-kedip.

Jiyaaa!!!

Tak lama kemudian, segelas teh manispun siap tersaji.

“Nih, Pi tehnya,” kata Maktri sambil menaruh teh di meja dapur, di antara tepung, baskom, kulit pisang, minyak dan gula.

“Trimikici, Mami sayang,” kata Paksu.

“Gosong enggak, Pi?” tanya Maktri dan mengambil alih kembali sutil yang ada di tangan Paksu.

“Enggak, dunk.” Paksu senyum senyum sambil memandang Maktri.

Biarpun sudah meried lama sama paksu, dipandang sambil senyum senyum begitu Maktri masih aja salting.

“Napa sih, lihat lihat? Minum tuh tehnya,” kata Maktri .

“Nunggu pisang gorengnya mateng aja, deh,” kata Paksu sambil peluk pinggang maktri yang sedang oseng-oseng kuali pisang, persis seperti di sinetron-sinetron.

“Ih! Lepasin! Mami tinju loh!” kata Maktri sambil melotot.

“Galak bener?” Paksu tertawa.

“Biarin!”

“Yodah, Papi minum teh dulu ya,” kata Paksu sambil duduk.

“Iya.”

Tiba-tiba.

“Prepp peh peh …,” kata Paksu melepeh teh yang baru diminumnya sambil lidahnya melet melet.

“Kenapa, Pi?” tanya Maktri sambil buru buru menghampiri Paksu.

“Ini tehnya, kok rasanya gini ya Mi?” tanya Paksu.

“Gimana apa, Pi?”

“Enggak enak rasanya, kayak ada lengket lengketnya,” kata Paksu masih melat melat.

“Masak, sih?”

“Ho-oh!”

“Papi minum yang mana? Ada dua gelas nih, yang besar apa yang kecil?” Tanya Maktri.

“Yang besar,” jawab Paksu

“Yang besar?”

“Ho-oh!”

Tiba tiba Maktri terbahak.
“Bhahahaha!”

“Kenapa Mami ketawa?” tanya Paksu.

“Ha ha ha, yang Papi minum itu minyak goreng, Pi, bukan teh,” kata Maktri terkekeh.

“Minyak goreng?” kata Paksu enggak ngerti. Paksu memandang curiga sama Maktri. “Bukannya tadi Mami bikinin Papi teh?”

“Iya, teh.”

“Trus?”

“Iya tehnya Mami taruh di sebelah gelas mug yang berisi minyak. Ha ha ha …”

“Mami sengaja ya?” Paksu mencium gelagat kejahilan Maktri.

Maktri menggeleng, siap siap kabur.

“Iya, pasti.”

“Enggak.”

“Iya.”

“Enggaaaak …!” dan Maktripun lari kabur dari kejaran Paksu. Dasar Maktri jahil! Nakal!
Ha ha ha.

Bandar Lampung, Senin 16 Nov 2020

Nulisbareng/AdeTauhid

0Shares

Tinggalkan Balasan