Rindu Aktivitas Seperti Biasa

RINDU AKTIVITAS SEPERTI BIASA oleh Putri Zaza

RINDU AKTIVITAS SEPERTI BIASA

“Bun, kapan bisa sekolah lagi? Kangen bu guru sama teman-teman, kangen belajar di kelas,” tanya seorang anak perempuan usia kira-kira lima tahun kepada bundanya.

“Sabar ya, Sayang, kalau sudah waktunya kembali belajar di sekolah pasti Ibu guru kasih tahu kok, ke Bunda.” 

Beberapa kali mendengar pertanyaan polos anak-anak yang mulai rindu sekolah membuatku berpikir kapan ya, dunia ini pulih? Kapan ya, bisa kumpul sama temen-temen lagi? Kapan ya, enggak perlu takut keluar karena aturan PSBB? Kapan?

“Ayah, ini kenapa, ya, kok dikali tanda X kursinya?”
“Itu tanda tidak boleh duduk di situ.”
“Loh, kenapa?”
“Karena dianjurkan untuk menjaga jarak.”
“Menjaga jarak itu apa, Yah?”
“Tidak boleh berdekatan.”
“Kenapa tidak boleh?”
“Karena ada Corona.”
“Corona itu apa, Yah?” Si anak yang ingin tahu tak berhenti bertanya hingga sang ayah kehilangan kata untuk menjawabnya.

Mungkin, keadaan sang ayah sama dengan keadaan diriku saat ini kehilangan kata jika, muncul pertanyaan ‘kapan ya, dunia kembali seperti semula?’ Rasa rindu ingin bertemu saudara dan temen setiap hari kian meningkat.

Banyak rencana tertunda. Padahal, bulan Juni tahun ini aku dan kedua temanku sudah merencanakan untuk pergi ke gunung Bromo. Namun, tak ada kejelasan pada bulan tersebut apakah pandemi ini sudah mereda.

“Beb, gimana nih, rencana kita?”

“Ya, tunggu aja covid-nya menghilang.”

Muncul beberapa prediksi mengenai covid-19 akan berakhir di Indonesia salah satunya ini: 

“Bulan Juli-September 2020 adalah rentang waktu di mana virus Corona tak lagi menjadi masalah bagi dunia,” ungkap Denny JA, seperti dikutip CNN Indonesia (Sumber: Detik)

“Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Hermawan Saputra memprediksi Indonesia akan sibuk untuk hidup berdampingan dengan virus corona sepanjang tahun 2020 bila pemerintah dan masyarakat tidak konsisten menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).” (CNN Indonesia)

Ya, bisa jadi, sekolah di rumah, ibadah di rumah, kerja di rumah akan diperpanjang. Karena semua prediksi bisa meleset. Apalagi dengan masyarakat Indonesia yang bandel dan menganggap enteng pandemi ini.

Tapi, kita sama sama-sama berdoa semoga Indonesia cepat pulih dari pandemi ini.

Bagaimana, apa kamu sudah mulai kelelahan akibat covid-19?

Cibitung, 23 Mei 2020

Nulisbareng/putrizaza

0Shares

Tinggalkan Balasan