Penulis Harus Nonton Drakor Extraordinary You

Judul: Extraordinary You
Sutradara: Kim Sang-Hyeop
Pemeran: Kim Hye-Yoon, Ro Woon-Kim, dan Lee Jae-Wook
Episode: 32 Episode

Cerita Extraordinary You, diawali saat Dan Oh, gadis SMA, menjalani kesehariannya. Dia merasa ingatannya seperti hilang sewaktu-waktu, ketika tiba-tiba berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa dia sadari. Tiba-tiba ada di sekolah, tiba-tiba muncul di pinggir jalan, bahkan tiba-tiba dia terbangun dan sedang dirawat di rumah sakit. Begitu terus kelanjutannya, sampai-sampai dia berkonsultasi kepada dokter langganannya.

Semakin heran, karena dokter menyatakan dia 100% sehat. Selain dari riwayat sakit jantung yang dialaminya selama bertahun-tahun.

Tak hanya itu yang menjadikannya heran, Dan Oh juga bingung dengan sikap teman-temannya yang sering mengulangi kata-kata mereka. Termasuk si Baek Kyung, lelaki yang menjadi tunangan Dan Oh, namun selalu bersikap kasar padanya.

Baru ketika Dan Oh berada di perpustakaan, lalu dia menemukan sebuah buku berjudul “Rahasia”. Dan Oh tergoda untuk membukanya. Sayangnya kembali ada kejadian berulang dalam Extraordinary You.

Berasa seperti mengalami dejavu, Dan Oh mengira dirinya mampu melihat masa depan. Dia melihat beberapa kejadian buruk di masa depan dan ingin mengubahnya. Namun, apapun yang Dan Oh lakukan, tidak menuai hasil sesuai harapan.

Lalu, bertemulah Dan Oh, dengan Peri Cumi Kering, seorang lelaki penjaga kafetaria sekolah yang selalu menyediakan tumisan cumi kering, hidangan istimewa dan digemari para siswa. Dan Oh menyadari, Peri Cumi Kering bisa melihat keanehan yang dia lihat. Seperti melihat pusaran lubang hitam tiba-tiba muncul di atas langit. Tidak ada seorang pun menyadarinya, selain Peri Cumi Kering. Dan Oh mengejarnya dan mencari jawaban.

Satu jawaban Peri Cumi Kering begitu mengejutkannya: “kalian adalah tokoh dalam buku komik.” Itulah isi buku berjudul “Secret” yang ditemukan Dan Oh di perpustakaan.

Awalnya Dan Oh menerima takdirnya sebagai tokoh komik. Lama-kelamaan dia merasa jengkel. Tiap kali diperlakukan buruk oleh Baek Kyung, yang pada dasarnya tidak dicintai Dan Oh. Hanya karena penulis komik yang menentukan bahwa Dan Oh adalah gadis yang setia mencintai Baek Kyung selama 10 tahun terakhir. Dan Oh akhirnya membenci karakternya yang dibuat oleh penulis, sudah sakit-sakitan, sering mendapat perlakuan buruk oleh tunangannya, namun masih juga mencintainya. Rasanya seperti orang bodoh. Benar-benar Extraordinary You.

Dalam satu kejadian, Dan Oh yang mendapatkan bayangan kejadian masa depan, yang ternyata adalah sketsa komik yang dibuat penulis. Di sana Dan Oh terjatuh dari tangga setelah bertemu Baek Kyung. Dan Oh ingin mengubah cerita tersebut. Namun kakinya seolah tak mampu bergerak. Seluruh tokoh harus bergerak sesuai keinginan penulis ketika berada di atas “panggung”, istilah bagi adegan di papan cerita dalam komik. Para tokoh bisa bergerak sesuai keinginannya apabila berada di balik layar. Namun seluruh kejadian di balik layar tidak akan diingat para tokoh yang tidak sadar. Selain Dan Oh, dan Peri Cumi Kering yang menyadari keadaan.

Maka, ketika Dan Oh hendak terjatuh dari atas tangga, yang ternyata dia ditolong sesosok punggung murid lelaki di sekolah tersebut. Sosok yang belum pernah ditemui sebenarnya. Sosok yang telah menolongnya sehingga tidak jadi jatuh. Dan Oh merasa heran, mengapa bisa papan ceritanya berubah? Maka, dia bertekad mencari lelaki tersebut. Dan Oh merasa lelaki itu yang bisa membantunya mengubah cerita dalam komik.

Drama Extraordinary You bergenre teenlit ini begitu menarik. Begitu banyak unsur kejutan tak terduga yang diberikan di sepanjang adegan. Jadi, membuat saya penasaran dan menanti kelanjutannya seperti apa. Beberapa kejadian berulang mungkin tampak membosankan. Seperti pertemuan di perpustakaan, adegan terjatuh, dan sebagainya. Namun, bisa dipahami karena memang drama ini menceritakan adegan-adegan dalam komik.

Perubahan karakter beberapa tokoh Extraordinary You juga menjadikan jalan cerita ini menarik. Perjuangan Dan Oh melawan penyakitnya. Perubahan Baek Kyung yang akhirnya menyadari perasaannya. Perubahan tokoh tanpa nama nomor 13, yang akhirnya dinamakan “Haru” oleh Dan Oh, yang awalnya selalu muncul di balik bayangan, lalu memberanikan diri dilihat orang lain. Ini sih mengingatkanku pengalaman sendiri sebagai orang penyendiri yang akhirnya menemukan teman. Hihihi.

Menjelang akhir juga, terjadi perubahan karakter Ju Da, tokoh utama perempuan dalam komik yang sering dirundung teman-temannya. Ya, khas sekali lah, mengingatkanku pada tokoh-tokoh utama sinetron Indonesia rata-rata juga pasti teraniaya dan menerima saja dizalimi sesama. Tapi di akhir cerita, Ju Da menjadi gadis pemberani. Bagaimana perjalanan mereka mengubah karakternya masing-masing, bisa ditonton langsung saja.

Ada satu hal yang terbersit dalam benak, drakor Extraordinary You sebenarnya relate sekali dengan kehidupan kita. Dalam perjalanan hidup sebagai manusia, begitu banyak kejadian yang tidak kita inginkan terjadi dalam hidup. Sakit yang tak bisa kita tolak, kecelakaan yang tak bisa kita hindari, dan beberapa hal lain yang tak bisa kita ubah. Meski diberi kemampuan melihat masa depan sekalipun, jika Allah sudah menentukan “Kun fayakun”, terjadi maka terjadilah.

Ya, penulis ibarat Tuhan yang mengendalikan para tokohnya, mau dibawa ke mana ceritanya. Penulis yang memberikan karakter pada tokohnya, dan menentukan dia hendak berjodoh dengan siapa. Tampak seperti sama kan, dengan Tuhan. Bukankah jodoh juga di tangan Tuhan.

Namun, sebenarnya hal ini berbeda dengan yang saya pelajari dalam ilmu kepenulisan. Penulis itu tidak sama seperti Tuhan. Memang betul, ketika kita membuat cerita, ide pertama berasal dari kita, sang penulisnya. Kita membuat karakter dari tokoh-tokoh cerita kita. Tetapi di dalam pergerakannya, segala gerak-gerik sang tokoh ditentukan oleh karakternya sendiri. Jadi, tidak bisa kita buat tokoh yang mau-mauan terus menerus dianiaya, tanpa ada perubahan sikap ke depan. Semut saja akan menggigit kalau dia terinjak tak sengaja. Karakter tokoh yang tomboy dengan feminim tentu akan berbeda sikapnya ketika didekati lelaki yang disukai.  

Maka benarlah seperti yang dikatakan Peri Cumi Kering, si penulis kurang kreativitas. Apalagi sebelumnya dia membuat komik berbeda tapi adegan dan dialog yang dikatakan para tokohnya sama. Wah, jadi seolah berkaca setelah menonton drakor Extraordinary You.

Mengapa dinamakan Extraordinary You, karena keinginan sang tokoh untuk menjadi Extraordinary atau luar biasa. Mereka ingin menjalankan kehidupan di luar kebiasaan, di luar keinginan si penulis.

Maka, saya sangat merekomendasikan untuk teman-teman yang ingin belajar jadi penulis agar menonton drama Extraordinary You ini. Karena ternyata ada pelajaran ilmu kepenulisan yang terbersit setelah menontonnya. Keren banget. Saya beri bintang 4 dari 5.

Bandar Lampung, 24 Juli 2021

0Shares

49 comments

  1. Blogger termasuk penulis kan ya mam? Hehe…. Aku belum nonton drama extraordinary you nih. Masuk wishlist dulu

  2. Kalau dikasih bintang 4 dr 5 udah pasti bagus nih drakornya. Terlebih alur ceritanya relate dg kehidupan sehari2. Masukin wishlist drakor ah, noted nih Extraordinary You

  3. Wah, ternyata recommended, yaa… Beberapa kali judul ini lewat, tapi selalu saya skip karena saya sudah under estimate duluan, kirain cuma cerita seru-seruan anak SMA aja. *tepok jidat

  4. Banyak pelajaran yang bisa diambil ya mbak, pasti seru ini drakornya. Saya suka kalau nonton drama ada pelajaran yang bisa diambil, tidak hanya sekedar buat hiburan saja.

  5. Wah, drakor ini seru ya ? Tapi saya termasuk jarang yang nonton drakor teenlit ini. Pastinya di setiap apa yang kita tonton terselip pesan ya?

  6. Dan Oh ibarat wayang jadinya ya.
    Sama seperti kita sebenarnya hanyalah pelaku dalam “panggung sandiwara”

    Penulis kalau nonton ini bisa sekaligus belajar ya

  7. Drama Korea ini memang banyak sekali ya pelajaran yang bisa didapatkan. Nggak hanya lihat oppa Korea yang ganteng atau wanita yang cantik aja. sebenarnya banyak banget pelajaran yang bisa di gali termasuk Extraordinary you. Nonton ah

  8. Banyak nih yang merekomendasikan drama ini. Saya penggemar genre fantasy romance juga sih, cuma belum nonton yang ini. Keburu banyak drama baru bagus-bagus lagi yang bermunculan. Hehe..

  9. Whuaaa, ceritanya menarik banget. Pasti akan membingungkan di awal tapi akan sangat menarik ketika sampai di tengah hingga ahir cerita. Bener banget, cerita ini cocok dibaca oleh para penulis. extraordinary story.

  10. Ini drakor baru, kah, Mba? Saya soalnya belum nonton lagi drakor. Terakhir nonton Mouse dan Sell Your Haunted House. Baca reviewnya ini kaya cerita fiksi remaja gitu, ya. Memang kadang saat nonton drakor Kita bisa ambil beberapa pelajaran kehidupan dari ceritanya

  11. Lagi on going di TV nasional kan ya, karena nontonnya gak fokus dan serius asal disetel aja tuh TV jadi gak ngeh sama alurnya.
    Pas baca ini baru paham, hahaha… Oooo jadi begitu. makanya aku heran ngapa banyak adegan yang kayak gak nyambung gitu, tau-tau pindah setting yang ga mengikuti dari awal pasti aneh.

  12. Menarik banget. Sudah sering baca webtoon yang tokohnya masuk ke dunia novel, bahkan penulisnya sendiri jadi tokoh novel. Tapi kalau drakor kayanya baru ini ya. Jadi pengen nonton.

  13. Menarik tema ceritanya, bisa nih ditonton saat break time kerjaan. Banyak juga tema-tema serupa kalau aku baca di KKP mba.

  14. Padahal Extraordinary You ini dramanya lucu yaa…
    Tapi banyak juga pelajaran hidup yang bisa diambil dari hal-hal kocak yang dialami oleh sang tokoh utama, Dan Oh.

  15. Aku sempat nonton episode awal aja dram extraordinary you ini dan nggak lanjut karena nggak ngerti ceritanya. Heu. Padahal dramanya lumayan ngehits ya kalau nggak salah

  16. Mila baru tau, ternyata ada film korea yang bahsannya mengenai dunia kepenulisann ya. Terima kasih mbak Emmyata referensinya

  17. Menarik ide ceritanya. Ada aja cerita yang diangkat dalam drakor. Saya juga jadi kepikiran, nih. Sebagai penulis, kadang-kadang kita membuat cerita seperti maunya kita. Padahal saat cerita sudah mulai berjalan. memang ada hal-hal yang tidak bisa kita paksakan jika disesuaikan dengan kehidupan yang sewajarnya.

  18. Saya belum sempat nonton Extraordinary You, sampai si pemeran tokoh utama prianya (Ro Woon) sudah tamat drama barunya, hehe.
    Lalu, si pemeran cewek (Kim Hye Yoon) juga sedang syuting drama baru sekarang.

    Saya cuma liat cuplikan-cuplikannya doang dan dapat gambaran alurnya dari sana. Betul nih, Mbak. Sebuah renungan buat penulis agar memerhatikan perkembangan karakter tokoh-tokohnya setiap kali menulis (fiksi). Apalagi kalau genrenya realistic fiction, ya. Harus banget realistis, tuh.

    Btw, walaupun belum nonton, saya suka salah satu soundtrack drakor ini. Judulnya “First Love” by Sondia 😀

  19. Anak-anakku udah pada nonton, aku malah belum. Beberapa kali diajakin sama mereka aku merasa malas, karena kupikir cuma cerita anak-anak remaja sekolahan gitu, ternyata banyak pelajaran berharganya, ya. Masukin ke wishlist, dah. Pan-kapan kudu ditonton, nih.

  20. Anak saya pernah cerita tentang drakor Extraordinary You sekilas aja. Baru paham cerita keseluruhannya setelah baca tulisan di sini. Ternyata banyak hikmah yang bisa diambil ya, termasuk untuk penulis dengan genre fiksi.

  21. Aku hampir mau nonton drakor ini tapi gakjadi gegara nggak suka ama tokoh cowoknya wkwkwkwk… dasar si aku kebiasaan jelek kalau ngedrakor yang pertama diliat tuh siapa pemeran utamanya. Baru ceritanya …. padahal ternyata bagus ya jalan cerita dan nilai moral yang diusung drama ini. Besok deh intip-intip lagi .. jadi penasaran soalna abis baca review mba Emmy ini.

  22. Anakku tuh yang rekomendasikan drama ini. Katanya, bisa jadi inspirasi buat penulis padahal ia tidak nonton gara-gara tidak suka pemerannya, katanya kurang ganteng, hihihi.
    Makanya saya heran, tahu darimana dia soal inspirasi penulis. Mungkinkah anakku habis baca reviewnya mbak Emmy? Hahaha.

Tinggalkan Balasan