Norak oleh Ade Tauhid

Norak!
By Ade Tauhid

Sabtu siang menjelang sore yang indah, Maktri menatap langit cerah, burung burung kecil berterbangan di langit tinggi. Maktri sedang asik nyiram bungannya dengan selang.

“Tumben Mi, biasanya nyuruh Papi,” kata Paksu ngeledek.

“Sini deh Pi, bunga Mami lagi cakep ni. Lihat deh! Aglonema Mami udah mulai tumbuh daun lagi. Keren khaaan?” kata Maktri enggak mempan diledek.

“Mami nih kok sukanya taneman daun daunan melulu sih? Enggak pingin apa punya taneman yang ada bunganya, seperti anggrek gitu?” tanya Paksu.

“Anggrek? Males ah ribet. Nanemnya sussee! Masak media tanamnya pakai sabut kelapa. Mana bunganya juga cuma gitu gitu aja lagi,” kata Maktri kasih alasan.

“Yah norak ni Mami,” kata Paksu.

“Apa, Pi? Ngomong apa tadi? Norak?” tanya Maktri enggak terima dibilang norak.

“Iya norak, bunga anggrek itu norak, Mi. Sussee!” kata Paksu ketawa.

“Eh Pi, jalan jalan yuk,” ajak Maktri sambil gelayut di lengan Paksu. Selang yang tadi dipegang, diletakkan begitu saja di lantai.
Dasar Maktri!

“Ogah ah, males!” kata Paksu.

“Ayoklah!” rayu Maktri lagi.

“Ke mana?”

“Halan halan ajah. Yuk!”

“Tapi enggak usah beli macem macem ya,” kata Paksu.

“Siip!”

Di jalan ternyata agak macet. Ada penggalian jalan pembuatan flyover. Lumayan bikin kaki Paksu pegel, karena dikit dikit ngerem gitu, Paksu jadi enggak sabar.

“Sabar Pi. Namanya juga jalan jalan. Iya harus pelan pelan, enggak perlu ngebut ngebut,” kata Maktri menghibur Paksu.

Paksu diem aja. Fokus nyetir sambil sesekali tangannya mengetuk ketuk setir mengikuti irama lagu jadul “broken heart”nya White Lion.

“Alhamdulillah, akhirnya bebas macet deh,” kata Paksu mulai injek pedal gas.

Tapi baru beberapa meter keluar dari kemacetan. Maktri sudah teriak.

“Stop, Pi, bentar. Pinggirin mobilnya. Kita mampir bentar ke tukang kembang di situ,” kata Maktri.

Ya ampyun! Dadakan amat, baru juga ngegas.
Tapi Paksu nurut, lalu menepikan mobilnya tak jauh dari pedagang kembang yang dimaksud Maktri.

“Katanya enggak mau beli apa apa,” kata Paksu.

“Lihat lihat dowang Pi, yuk ah turun,” kata Maktri.

Paksupun nurut.
Mereka melihat lihat kembang yang cantik cantik banget. Maktri jadi mupeng.

“Cukup ya, enggak usah beli,” kata Paksu mengingatkan Maktri.

“Iya, tauk,” kata Maktri sambil melihat lihat.
Tiba tiba pandangan Maktri tertuju pada
sendal sendal lucu yang terbuat dari sabut kelapa yang diberi tali karet menyerupai sendal jepit.

“Aih lucunya, selain kembang Abang jualan sendal juga?” kata Maktri sambil menyentuh beberapa buah sendal jepit yang dipajang di situ.

Ada yang tali merah, biru,hijau dll.

“Lucu ih. Papi mau?” tanya Maktri ke paksu. Paksu menggeleng.

“Ada no 43 enggak Pak, buat suami saya?” tanya Maktri serius.

“Eh, enggak enggak mau …,” sela Paksu.

“Cakep banget ya Bang sendalnya, kreatif bener yang bikin,” kata seorang ibu yang tiba tiba aja sudah ada di samping Maktri.

“Ih Ibu norak bener,” kata situkang kembang cengengesan.

Dengar kata “norak” Maktri langsung noleh. Wah, siapa nih yang dikatain kang kembang “norak”? Maktri apa si ibu itu?

“Awas aja kalo ngatain gue norak, gue obrak abrik dagangan lu!” kata Maktri bergumam sambil melirik si kang kembang.

“Hus bukan Mami kok yang dikatain,” kata Paksu berbisik, tau gelagat Maktri yang sudah mau pasang kuda kuda.

“Dengerin dulu,” kata Paksu lagi nyabarin Maktri.

“Ini sendal sendalan Buk. Bukan sendal beneran,” kata si kang kembang pada si ibu yang deket Maktri.

“Tuh khan? Dia bukan ngomong sama mai. Makanya denger dulu,” kata Paksu

“Ini sendal sebagai media tanam tanaman anggrek Bu, sengaja dibuat seperti sendal jepit, supaya media anggrek ini bisa ditempelkan di dinding. Ini contohnya,” kata si kang kembang sambil menunjuk ke dinding, anggreknya warna warni. Maktri jadi pingin.

“Model gini lagi ngetrend lho Bu, hand made,” kata si tukang kembang menjelaskan.

“La iyalah hand made, Pak, masak sendal model begini bikinan pabrik?” kata Maktri bikin si tukang kembang nyengir kuda.

“Ibu mau?” tanya si kang kembang pada Maktri.
Maktri melirik Paksu, Paksu melengos. Buang muka diye!

“Beli ya Pi. Tadi katanya Mami disuruhin tanem anggrek,” kata Maktri senyum penuh arti.

“Auk ah!” kata Paksu.

“Yang orange ya Pi, bagus tuh!” kata Maktri. Paksu no comment.

“Yang pink juga Bang, yang putih dua, yang merah, yang ungu itu juga. Sudah lima aja,” kata Maktri pilih pilih.

“Ok Bu. Pilihan Ibu memang berkelas semua,” kata kang kembang memuji Maktri, bikin idung Maktri kembang kempis.
“Saya total ya,” kata kang kembang lagi.

“Pi tuh Mami beli lima aja enggak usah banyak banyak ya, nanti repot lagi meliharanya,” kata Maktri.

“Jadi, berapa semua Bang?” tanya Maktri.

“Segini Bu, satu juta tiga ratus lima puluh,” kata si kang kembang.

“Ok. Masukin ke mobil saya ya Pak. Tuh mobilnya,” kata Maktri sambil nunjuk mobilnya.

“Pi, bayar!” kata Maktri lagi sambil noleh ke Paksu.

What???
Paksu bengong.
Kenapa jadi gue yang bayar, batin Paksu miris.

Olala!

Bandar Lampung, Sabtu 05 Desember 2020
Nulis Bareng/Ade Tauhid

0Shares

Tinggalkan Balasan