Menyikapi New Normal (Athena Hulya)

Menyikapi New Normal

            New normal atau kenormalan baru adalah suatu tindakan yang dilakukan pemerintah untuk menindaklanjuti dampak dari covid 19 yang terjadi beberapa bulan ke belakang. Karena adanya pandemi covid 19 semua lini kehidupan terkena dampak. Antara lain: banyak perusahaan yang hampir colapse dan merumahkan para pekerjanya, UMKM banyak yang merugi, orang-orang yang mencari nafkah di jalan dan lain sebagainya terkena dampak dari covid 19.

            Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat penerapan new normal, berikut penjabarannya :

  1. Setelah melakukan aktivitas di luar rumah, segeralah mandi dan berganti pakaian dengan yang bersih. Saat memasuki rumah sebaiknya langsung melepaskan pakaian yang telah digunakan dan taruh di tempat yang tertutup atau segera dicuci. Serta semprotkan desinfektan ke peralatan-peralatan yang digunakan saat berada di luar rumah.
  2. Saat bekerja di kantor, ada baiknya tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter, semprotkan desinfektan di meja kerja dan bawalah bekal dan alat salat sendiri. Karena kalau kita membeli makan di kantin kantor serta memakai alat salat yang berada di musala, kita akan beresiko terpapar covid 19.
  3. Ketika berpergian menggunakan transportasi umum, bawa selalu hand sanitizer, tetap jaga jarak aman, hindari antrean yang berdesakan. Janganlah memegang bagian wajah sebelum tangan disemprotkan dengan hand sanitizer.
  4. Saat hendak berbelanja ke pasar atau ke swalayan sebaiknya catat terlebih dahulu barang apa saja yang akan di beli, guna membatasi memegang barang-barang yang berada di toko. Setelah menyentuh barang, semprot tangan menggunakan hand sanitizer sebelum memegang wajah dan barang-barang bawaan seperti ponsel, tas maupun dompet atau cuci tangan terlebih dahulu sebelum memegangnya, sudah banyak toko-toko yang menyediakan tempat pencucian tangan.

Dari penjabaran di atas, ada poin-poin penting yang harus dilakukan dalam menghadapi kenormalan baru yaitu tetap jaga jarak aman minimal 1 meter, selalu jaga kebersihan pribadi, tetap jaga imunitas tubuh seperti perbanyak minum air putih, meminum atau memakan vitamin dan rutin berolah raga, dan tetap memakai masker kemanapun.

27 Juni 2020

Nulisbareng/ Athena Hulya

0Shares

Tinggalkan Balasan