Kucing

MENINGKATKAN NAFSU MAKAN PADA KUCING oleh Putri Zaza

MENINGKATKAN NAFSU MAKAN PADA KUCING

Hai, cat lovers ditulisan kali ini aku mau kasih tips cara meningkatkan nafsu makan kucing yang hilang. Suka bingung dan galau enggak, sih, lihat kucing lemes karena enggak mau makan. Kalau aku udah kalang kabut, hehe. Sampe coba berbagai tips yang aku temui. Sebelumnya kita cari tau penyebabnya, yuk!

Beberapa sebab kucing tidak nafsu makan (tanyadokterhewan.com).

1. Sakit akibat infeksi

Infeksi pada anjing dan kucing bisa bervariasi diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Salah satu tanda adanya infeksi adalah demam, kondisi tubuh yang lemah, gangguan pencernaan (muntah, diare), dan umumnya disertai dengan penurunan nafsu makan pada kucing.

Infeksi yang diakibatkan virus biasanya akan memperlihatkan penurunan nafsu makan pada kucing yang cepat karena infeksinya yang cukup berat. Penurunan nafsu makan kucing pada kondisi infeksi bisa terjadi dua atau tiga hari, reaksi kucing atau anjing biasanya makan hanya sedikit atau tidak makan sama sekali.

2. Gangguan daerah mulut dan gigi

Kucing dan anjing pun bisa mengalami sariawan, kondisi ini menyebabkan sakit saat akan mengambil makan sehingga menolak untuk makan atau makan hanya sedikit saja.

Infeksi atau radang pada daerah gusi dan gigi (periodontitis) menyebabkan juga kesakitan pada daerah gusi sehingga makan lebih sedikit. Infeksi gusi dan gigi ini ditandai dengan bau mulut dan air liur yang lebih banyak.

Terdapat makanan atau tulang yang terselip pada gigi. Ketika memberikan tulang atau ikan pada anjing dan kucing tak jarang mereka pun tersedak, dan mungkin juga melukai bagian gusi dan gigi. Hal ini dapat menyebabkan sakit pada gusi sehingga nafsu makan kucing menurun.

3. Bosan dengan makanan

Hal ini sangat mungkin terjadi pada anjing dan kucing, loh, pet lovers! Bayangkan saja memakan makanan yang sama selama bertahun-tahun dan tanpa variasi. Tentu saja ada rasa jenuh pada anjing dan kucing kita. Biasanya rasa jenuh akan terlihat ketika dia mencium makanan dan akhirnya makanan dibiarkan begitu saja. Walaupun kucing tidak bisa merasakan rasa manis seperti anjing, tapi lidahnya pun sensitif terhadap rasa lainnya terutama makanan yang baunya kurang menyengat.

4. Mengalami perpindahan

Perpindahan ataupun menitipkan anjing maupun kucing bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidak nafsu makan. Kondisi ini biasanya menyebabkan anjing dan kucing stress dan perlu beradaptasi. Anjing dan kucing pun sangat sensitif terhadap perubahan, mereka memiliki feeling dan mood sama seperti kita.

5. Usia tua

Pada usia tua atau senior tak jarang kucing menjadi kurang nafsu makan. Bisa disebabkan oleh gigi yang sudah mulai ompong, sakit saat berjalan, sakit saat menunduk mengambil makan, atau mungkin tidak selera makan. Hal ini disebabkan penciuman saat sudah tua tidak setajam usia muda, sehingga nafsu makan tidak terangsang oleh bau maknaan yang biasa saja.

6. Gangguan pada saluran cerna

Gangguan pada saluran pencernaan seperti infeksi pada usus, lambung, serta hati dapat menyebabkan anjing atau kucing enggan menyentuh makanan. Kondisi ini karena adanya rasa sakit pada bagian perut. Biasanya disertai dengan muntah dan diare.

7. Stres

Penyebabnya beragam bisa karena kondisi terlalu ramai, ada hewan baru dirumah, ada anjing atau kucing yang mengganggu, serta bisa juga stress karena ditinggalkan oleh pemiliknya. Anjing dan kucing memiliki perasaan yang sensitive, namun biasanya kucing lebih pandai menyembunyikannya. Stress yang berkepanjangan disertai dengan penurunan nafsu makan tentunya akan berbahaya bagi anjing dan kucing.

8. Awal kehamilan dan akan melahirkan

Kehamilan bagi anjing dan kucing pun merupakan salah satu hal pemicu stress, tak jarang anjing dan kucing mengalami penurunan nafsu makan karena hormon yang berubah. Biasanya juga anjing dan kucing bisa mengalami muntah pada awal kehamilan karena hormon progesteron yang meningkat menyebabkan kondisi lambung lebih asam. Hal ini juga memicu penurunan nafsu makan pada anjing dan kucing. Akan melahirkan biasanya anjing dan kucing sudah gelisah dan tidak mau makan. Makanan yang dimakan pun biasanya akan dimuntahkan karena dorongan saat kontraksi.

Penyebab tidak mau makan atau penurunan nafsu makan pada kucing dan anjing ini memang beragam. Pengobatan dan penangannya tentunya berdasarkan pada penyebabnya. Dokter akan menanyakan pertanyaan seputar apa yang dimakan sebelumnya, bagaimana vaksinasi dan obat cacingnya, lalu pertanyaan lainnya yang mnejurus kepada diagnosa dokter. Sebaiknya Anda memperhatikan betul pola makan anjing dan kucing Anda sehingga bisa mengetahui jika terdapat perubahan pada pola makannya.

Haduh, pusing, deh, pokoknya kalau kucing kita enggak nafsu makan, ya, kan. Nah, ini yang biasa aku lakukan ketika kucing-kucing di rumah tidak hadir di saat waktu pemberian makan alias enggak nafsu makan.

Aku biasanya kasih madu. Madu asli, ya, jangan madu yang ada campuran gulanya. Hampir semua kucing enggak suka sama madu jadi kita perlu bantuan insulin untuk memasukan madu ke mulutnya.

Madu sangat baik untuk kucing banyak mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh kucing salah satunya dapat membuat kekebalan tubuh si Empus lebih tahan terhadap penyakit.

Oke, kita lanjut ke tips selanjutnya siapkan pisang dan air lalu buatlah jus pisang.

“Kok, pisang? Emang boleh?”

Boleh, kok, makan pisang, asal jangan berlebihan karena kucing sendiri tidak dapat menyerap vitamin yang berada di dalamnya. Tapi, berdasarkan pengalamanku kucing yang enggak nafsu makan sampai lemes dan enggak kuat untuk berjalan hingga nyaris mati. Bisa terselamatkan dengan rutinku suapi jus pisang selama 3-7 hari, Alhamdulillah, selalu berhasil membuat mereka kembali sehat dan makan dengan lahap.

Jadi, fungsi pisang disini adalah pengganti makanan. Walau, kucing tidak dapat menyerap vitamin tapi, kucing mendapatkan gula yang bisa diolah menjadi energi. Oleh karena itu jangan terlalu banyak memberikannya. Ya, bisa kena diabetes nanti.

Rutin memberikan vitamin khusus kucing, oh ya, bisa juga dengan memberikan telur puyuh bagian kuningnya saja sebagai pengganti vitaminnya ini juga telur bisa merangsa kucing untuk minum, mungkin kayak kita kalau makan yang seret kali ya, hehe.

Tips di atas berdasarkan pengalamanku selama lima tahun merawat kucing. Kalau tips di atas tidak ada pengaruh dan malah membuat kucing kamu makin parah keadaannya langsung bawa ke klinik hewan terdekat ya. Jangan sampai menyesal karena lama dalam penanganan.

Semoga bermanfaat.

Cibitung, 6 Juni 2020

Nulisbareng/putrizaza

0Shares

Tinggalkan Balasan