MAKANAN PENGHILANG STRES oleh Putri Zaza

MAKANAN PENGHILANG STRES

Setiap kali pusing dan kerjaan datang keroyokan aku selalu membutuhkan makanan pedas tapi yang ekstra, padahal aku sendiri bukan penggemar makanan pedas. Bahkan, setelah kalap menghabiskan makanan super pedas esok harinya langsung lemas karena bolak-balik kamar mandi.

Seblak salah satu makanan yang masuk ke daftar makanan pedas dan mudah dicari di dekat kantor tempatku bekerja.

Tapi, memangnya benar ya, memakan makanan pedas dapat menghilangkan stres? fakta atau mitos, ya? Mari, kita bahas.

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat. (kontan.co.id)

  1. Menurunkan berat badan
    Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.

Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

  1. Menyehatkan jantung
    Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

  1. Melancarkan sirkulasi darah
    Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.
  2. Antikanker
    Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.
  3. Meningkatkan fungsi pencernaan
    Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

  1. Flu
    Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.
  2. Tidur nyenyak
    Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.
  3. Menjaga mood
    Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

Ternyata banyak juga ya, manfaatnya bila dilihat pada poin nomor 8 bisa dikatakan memakan makanan pedas dapat menghilangkan pedas itu fakta, ya. Tapi, di balik manfaat pasti dibarengi dengan hal yang berbahaya. Makanan pedas memang memiliki banyak manfaat asal, dimakan tidak secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan sesuatu yang buruk, seperti salah satu dalil di bawah ini:

Dari Ibnu Mas’ud Nabi SAW bersabda, “binasalah orang-orang yang berlebih-lebihan.” Tiga kali Rasulullah menyebutkan hadist ini baik sebagai berita tentang kehancuran mereka ataupun sebagai doa kehancuran bagi mereka. (HR.Muslim)

Cibitung, 14 Juni 2020

Nulisbareng/putrizaza

0Shares

Tinggalkan Balasan