Kumenangiiisss, membayangkaaan … oleh Ade Tauhid

Kumenangiiiisss, membayangkaaan …
By Ade Tauhid

Maktri dan paksu sedang menikmati sarapan di taman belakang rumahnya. Taman ini dulunya bekas gudang.

“Daripada ada hantunya mending disulap jadi taman, deh, ” kata paksu waktu itu.
“Apa, Pi? Hantu? Memangnya di gudang kita ada hantu?” tanya maktri sambil memeluk paksu. Atut diye .

Paksu tersenyum senang, paling demen kalau lihat Maktri mengkeret ketakutan gitu. Paksu balas peluk Maktri, diusap-usapnya kepala Maktri dengan sayang.

“Nggak ada, Sayang,” kata paksu.
“Bohong. Tadi bilangnya ada, ” kata maktri merajuk, bibirnya monyong monyong seksi. Paksu gemes.

Kalok dibayang-bayangin kelakuan Maktri dan paksu ini kayak sinetron “Samudera Cinta” . Tau dong, sinetron yang bikin baper yang tayang di SCTV? Tonton, deh!

Alhasil gudangpun telah menjadi taman. Selain banyak tanaman bunga maktri, di pojok kiri taman itu juga dibuat sebuah kolam ikan berukuran satu kali dua meter … Hiiii kok ukurannya kayak kuburan, Mak?

Ah, pokoknya keren, malah taman belakang itu sampai sekarang jadi tempat favorit Maktri dan paksu.

“Mi, kita goreng ikan yuk, sepertinya ada yang gede tuh, ” kata paksu sambil berjalan menuju kolam.
“Nggak deh, Pi,” tolak Maktri.
“Ini ikan Nilanya ada yang gendut ni kayak Mami,” kata paksu.
“Males! Bissnya ngatain aja!” kata maktri sambil mendorong tubuh paksu. Eh, untung nggak kejebur.

“Sori Mi, ikannya gendut kayak Papi kok,” kata paksu sambil colek pipi maktri. Tuh khan Maktri ngambek kayak di sinetron “Samudera Cinta” . Ha-ha-ha.

“Kasihan lah, Pi, masak digoreng?” kata maktri nggak tega. “Beli aja deh, ikannya di pasar.”

“Sensasinya beda Mi kalok ikannya dari kolam ndili.”
“Terserah, deh!” kata Maktri.

“Tenang aja, semua Papi yang ngerjain.” kata paksu demi dilihatnya jidat maktri mengkerut.
Paksu tau pasti Maktri males masak, males ngebersihin ikan, alasannya aja bau, alasannya aja geli dan nggak tega lihat ikan menggelepar gelepar dihadapan Maktri. Tapi kalau sudah mateng, Maktri yang paling banyak ngabisin. Bisaan nih, Maktri.

“Tenang Sayang ya, bukan Mami kok yang ngerjain. Tapi Papi,” ulang paksu.

“Beneran, Pi?” tanya maktri senang.
“Iya, serahin tugas masak hari ini sama Papi, pokoknya nanti Mami tinggal mamam aja. Sekarang Mami masuk yaa, selonjoran kek atau bobok bobokan kek di sofa sambil nonton tivi. Bebas,” kata paksu sambil menggiring Maktri masuk kedalam. Menggiring? Uh -memang Maktri ayam?

“Jadi, beneran Mami di dalem aja? Nggak usah bantuin Papi nih?” tanya maktri. Paksu mengangguk sambil tersenyum manis semanis kue klepon. Uuff senyum paksu itu loh waktu jaman muda yang bikin Maktri klepek klepek kayak ikan lele dikeprek palanya. Ih!

“Beneran, Pi?”
“Iya, bobok bobokan deh, sana.”
“Bobok bobokan? Kalau bobok beneran boleh nggak, Pi?” tanya maktri nawar. Iih untung paksu Bucin, he he.

Alkisah, Maktri di ruang keluarga nonton tipi sambil bobok beneran. Sementara paksu berkutat didapur dengan ikan nilanya.

Prek!! Terdengar suara ikan digeprek. Sepertinya paksu sudah mulai eksekusi didapur.
Good luck, Papi …,” kata maktri sambil merem disofa.

Gubrak! Prek! Jeger!! Dug dug dug!! Sreeet sreeett!! Tuk tuk klutuk!
Terdengar segala macam suara suara aneh dari arah dapur. Entah apa yang dikerjakan paksu, katanya goreng ikan kok bunyinya begitu. Sepertinya dapur berantakan deh. Tapi biarlah, toh paksu tidak mau dibantu.

Grompyaaang!!! Twengwengweengweeengg!!
Uh, suara apalagi tuh? Kayak suara tutup panci jatuh? Tapi Maktri nggak dengar, pulas doi.

Selang dua jam kemudian.
“Mami, bangun yuk, kita mamam.” Paksu bangunin Maktri.
Maktripun bangun, mata Maktri merah seperti megaloman. Kemudian dengan digiring paksu-maktri berjalan menuju meja taman belakang. Kali ini giringnya seperti menggiring bebek bukan menggiring ayam. Halah!

Di meja sudah tersusun hasil karya paksu Wuih! Boljug nih papi, batin Maktri. Susunan ikan dan lalapannya persis seperti direstoran.

“Dicobain, Mi,” kata paksu sambil nyodorin sendok. Biar Maktri ambil ndili.
“Mmm mmm ..,” Maktri mengunyah ikan sambil tangannya mengambil tisu. Lidah Maktri melet melet, seperti habis makan sesuatu yang aneh .

“Gimana Mi? Enak masakan papi? Sengaja Papi gorengnya nggak terlalu kering, biar tekstur daging ikannya terasaaa gimana gitu. Dan lalapan ini sussee loh, Mi, Papi ngedekornya. Demi Mami ..,” kata paksu sambil kedip kedip.

“Coba Papi rasain deh ..,” kata maktri sambil menyodorkan sedikit daging ikan ke mulut paksu. “Gimana?”

“Ish prrepp peh peh kok pahit sih, Mi?” tanya paksu sambil melet melet juga.

“Tauk deh. Gimana tadi Papi masaknya?” tanya maktri.

“Padahal Papi tadi sudah masak nyontek diyutubnya chef Rudi Khairudin loh!” jelas paksu.

“Mestinya enak dong, nggak pahit,” kata maktri.

“Ho-oh. masak iya Rudi Khairudin bohongin Papi?” jawab paksu binun. Paksu menggaruk garuk kepalanya yang tidak gatal.

“Coba Papi ceritain kronologisnya cara papi masak tadi?” tanya maktri.

“Seperti biasalah. Pertama tama Papi pukul kepala ikannya pakai ulekan.” prek! Ish sadis paksu.

“Lalu Papi sisikin, lalu Papi belah perutnya. Lalu Papi cuci, lalu Papi kasih bumbu kunyit jahe …”

“Stop stop bentar, Pi!” kata maktri sambil ngebolak balik ikan goreng. Hmm, sepertinya Maktri sudah tau apa penyebab ikan goreng papi jadi pahit.

“Papi belah nggak ikannya?”
“Iya.”
“Papi cuci?”
“Iya.”
“Dibuang nggak isi perutnya?”
“Nggak.
“Kiyaaaa!!” Maktri nepok jidat. “Pantesan pahit. Ish Papi jorok!” Maktri lantas mengambil berlembar lembar tissu dan berlari menuju wastafel. “Oek!!”

Paksu melongo melihat Maktri yang muntah. Kasihan …

Tiba-tiba terdengar sayup sayup lagu Rosa dari rumah tetangga sebelah.
“Kumenangiiiiiisssss. Membayangkaaan …!!!!
Ha-ha-ha.

Bandar Lampung, Selasa 06 okt 2020

Nulisbareng/AdeTauhid

0Shares

2 comments

  1. Aduh itu isi perut ikan ikut digoreng ya. Sensasi pahit-pahitnya itu sampai kerasa di lidah nih. Hehe…

Tinggalkan Balasan