Sepasang Cincin

KAPAN NIKAH? oleh Putri Zaza

KAPAN NIKAH?

Perempuan dengan usia 20 tahun ke atas pasti tak asing dengan pertanyaan, “kapan nikah?” Pertanyaan yang kuanggap sama seperti, “kapan dijemput sama malaikat maut?” Ih, serem ya.

Kita enggak pernah tahu jodoh atau maut terlebih dahulu yang menjemput. Kita hanya bisa memperbaiki diri agar siap dijemput. Salah satunya dengan memperbaiki sikap kita terhadap orang tua dan Tuhan.

“Sebenernya kamu, tuh, udah siap nikah belum, sih?” Pertanyaan yang sering aku tanya ke diri sendiri.

Pertanyaan mudah yang sulit dijawab. Bagiku siap nikah tandanya harus siap secara keilmuan dan material karena menikah bukan perkara mudah. Walau, nantinya aku yang akan dinafkahi.

Untuk menambah keilmuan pra-nikah kuputuskan untuk bergabung dengan salah satu komunitas jodoh yang bebasis islami. Di komunitas ini diajarkan secara online bagaimana menjadi seorang istri sesuai dengan sunah Rasulullah, memilih pasangan berdasarkan visi dan misinya, mengajukan CV kelawan jenis dan masih banyak lagi.

Seusai mengikuti kelas online tersebut sekali lagi kutanyakan, “sekarang sudah siap?” Sepertinya masih belum ada jawaban.

Tiba-tiba teringat sahabatku yang sudah menikah langsung kuhubungi saja.

“Beh, gimana, sih, memantapkan diri buat siap nikah?”

“Keinginan menikah datang sendiri, Beh, lu berdoa aja sama tirakat kalau udah ada keinginan disebutin di sela doa. Walau, belum ada calon dan rezekinya. Dulu gua buat memantapkan kalau dia jodoh gua atau bukan gua ngelakuin puasa nabi Daud karena, gua juga enggak kepengen pacaran lama-lama. Alhamdulillah, beberapa bulan kemudian dia ngelamar gua. Padahal, dia enggak tau apa yang gua lakuin. Intinya yakin dulu, Beh, dulu gua yakin banget tahun 2018 nikah walau, belum tahu nikah sama siapa.”

Aku langsung berpikir keinginan menikah ini belum kunjung datang karena kurangnya mendekatkan diri ke Sang Maha Pemilik hati dan kurangnya tirakat.

Langsung saja kubuat jadwal untuk salat sunah tahajut, istikarah dan puasa sunah. Semoga di tahun ini keinginan dan jodoh datang bersamaan semoga juga jodoh datang lebih dulu sebelum maut yang tiba. Aaminn Allahumma aamiin.

Cibitung, 15 Mei 2020
Nulisbareng/putrizaza

0Shares

Tinggalkan Balasan