Semangat

Jangan Berhenti Berjuang oleh Athena Hulya

Jangan Berhenti Berjuang

Pekerjaan menuntutku untuk bekerja di lapangan dan melakukan perjalanan dinas ke luar kota, membuatku bertemu dengan banyak orang. Dari mulai bertemu klien kantor, masyarakat di suatu kota yang kudatangi sampai bertemu dengan pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di terminal tempatku menunggu bus selepas pulang kantor. Bertemu  dan berbincang banyak hal dengan mereka adalah sebuah kesenangan, karena kubisa belajar banyak dari mereka yang kutemui itu.

Bertemu dengan teman-teman di proyek membuatku tahu artinya sebuah pengorbanan. Jarang pulang dan rela jauh dari keluarga adalah hal yang harus dilakukan demi mencari rezeki di kota lain. Bertemu dengan masyarakat-masyarakat di suatu kota membuatku belajar budaya, tradisi dan adat istiadat mereka, kujuga belajar akan arti perjuangan. Khususnya bertemu dengan masyarakat di timur Indonesia,  Papua.

Dari mereka kubelajar arti toleransi dan keberagaman, bercengkerama dengan merekapun aku belajar arti sebuah cinta. Cinta dengan negara yang telah menganaktirikan mereka, masih menyayangi orang-orang yang telah melakukan tindak rasialisme pada mereka.

Sedang dari pedagang-pedagang yang seringku temui saat kuberangkat atau pulang kantor, aku belajar mengenai arti berjuang, berjuang untuk tetap hidup di tengah ketidakramahan ibukota. Suatu ketika saat hendak menunggu bus, aku mengobrol dengan seorang penjual minuman dingin di terminal Blok M Jakarta. Mengobrol ngalor-ngidul hingga mengobrol tentang kehidupannya yang membuatku menjadi semakin bersyukur atas hidup yang telah Tuhan berikan padaku.

Dari sekian banyak orang-orang yang aku sudah temui di hidupku, mereka mengajarkanku satu pelajaran yang sangat berarti, Jangan Pernah Berhenti Berjuang. Seberapapun kerasnya dunia, sebanyak apapun keringat dan peluh yang telah keluar, seberapa seringnya terjatuh, seberapa seringnya menangis karena terseok-terseok untuk terus melanjutkan hidup. Namun teruslah berjalan, jangan berhenti berjuang. Sebab ada hal-hal baik yang didapat setelah perjuangan keras.

13 Juni 2020

Nulisbareng/ Athena Hulya

0Shares

Tinggalkan Balasan