Sumber: Shutterstock

Hidangan Istimewa oleh Nopiranti

Hidangan Istimewa
(Nopiranti)

Sejatinya tidak boleh ada perbedaan tanggung jawab dalam mengurus rumah tangga. Suami dan istri harus bekerja sama dan sama-sama kerja untuk menciptakan rumah yang aman dan nyaman. Hingga tercipta rumahku surgaku.

Masak, mencuci, beres-beres rumah, bukanlah mutlak pekerjaan istri. Suamipun wajib membantu. Seperti layaknya istri juga diperbolehkan membantu suami semampunya mencari tambahan penghasilan untuk membantu perekonomian keluarga.

Dalam hal memasak, saya jadi teringat slogan sebuah iklan bumbu masak saat sang suami mengatakan pada istrinya yang sedang menyiapkan hidangan sesaat setelah pulang kerja, “jika kamu bisa kerja, harusnya aku juga bisa masak.”

Adegan pun berlanjut saat sang suami membantu istrinya menyelesaikan masakan. Dengan jurus pamungkas penyempurna hasil karya, memberi tambahan bumbu penyedap rahasia. Tahu dong iklan apa yang dimaksud? Si hitam manis itu, lo. Seperti aku, walaupun hitam tapi selalu manis untuk dipandang. Uhuk…

Dibuatkan hidangan istimewa oleh suami merupakan satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Sejak menikah dan sesekali bisa merasakan masakan suami, saya merasa semua menu yang dia buat itu rasanya enak.

Walaupun bahannya seadanya, cara masaknya sederhana, dan tampilannya tidak terlalu meyakinkan, tapi soal rasa jangan diragukan. Semuanya lezat, nikmat, dan selalu membuat ketagihan.

Satu hal yang saya pelajari dari kebiasaan suami memasak itu justru terletak pada kesederhanaannya. Bumbu minimalis dan teknik masak yang mudah tidak selalu menghasilkan makanan yang kurang lezat. Sebaliknya lumuran bumbu yang melimpah dan kerumitan proses penyajian juga belum tentu jaminan makanan itu enak.

Walau sederhana, tapi jika disajikan dengan penuh cinta dan sayang, yakin deh hidangannya akan terasa mewah dengan kelezatan yang akan selalu terbayang-bayang. Bikin mau lagi dan lagi dimasakin deh.

Modus nih biar sering-sering dimasakin suami? Bisa juga sih, hehe. Namun, bukan karena saya malas masak ya. Tapi, karena saya memang benar-benar menikmati setiap hidangan yang dibuat oleh suami. Semuanya selalu terasa istimewa. Hatur nuhun pisan , Abi.

Senin, 9 November 2020.

NulisBareng/Nopiranti

0Shares

Tinggalkan Balasan