Cintai Dirimu, Cintai SEKELILINGMU oleh Nopiranti

Cintai Dirimu, Cintai Sekelilingmu

(Nopiranti)

Tantangan menulis RNB Level 3 Batch 3 memasuki hari ke 25 di bulan Desember ini. Tema wajib hari ini yang harus ditaklukan oleh peserta yaitu tentang hak asasi manusia. Saya melihat tema ini masih erat kaitannya dengan tema hari ke 24 kemarin yaitu tentang Self Love /Mencintai Diri Sendiri. Memang apa hubungannya kedua tema itu?

Mencintai diri sendiri artinya mensyukuri segala nikmat dan karunia yang sudah Allah berikan pada diri kita. Namun, bukan berarti kita hanya mementingkan diri sendiri saja. Asal kita senang, asal kita kenyang, asal kita menang, maka orang lain tidak kita hiraukan.

Justru saat kita sudah mampu mencintai diri sendiri, maka langkah selanjutnya adalah kita harus belajar mencintai kehadiran orang lain juga. Belajar menghargai hak asasi sekeliling kita. Sebaik hak asasi kita ingin diperlakukan baik juga oleh orang lain.

Saat kehadiran kita diterima dan diapresiasi dengan baik oleh lingkungan sekitar, bukankah itu suatu anugerah? Hidup terasa indah karena semua hal bisa dijalani bersama dan dikerjakan dengan mudah berkat bantuan orang lain.

Jika kita merasa diterima dan dihargai itu sangat menyenangkan, maka jangan ragu dan banyak perhitungan untuk berlaku juga seperti itu pada orang lain. Itulah sebabnya saya katakan bahwa self love itu erat kaitannya dengan penghormatan terhadap hak asas manusia.

Supaya kita bisa menghormati hak asasi orang lain, ada baiknya kita tahu definisi dan jenis-jenis hak asasi tersebut. Supaya kita bisa menempatkan sikap dan perilaku kita dengan tepat. Tidak terjerumus pada pelanggaran yang akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada seseorang sejak dia dilahirkan. Hak ini tidak boleh diganggu gugat. Bahkan negara berkewajiban untuk melindungi dan memastikan hak asasi setiap warga terlaksana dengan baik.

Ada 6 jenis hak asasi yang wajib kita ketahui, yaitu:

  1. Hak Asasi Pribadi Maksudnya yaitu hak yang berhubungan dengan kehidupan pribadi setiap manusia. Hak ini meliputi hak hidup, bergerak, bepergian, berpindah tempat, mengeluarkan pendapat, memeluk dan menjalankan agama, berprilaku/tumbuh/berkembang, dan hak untuk tidak dipaksa dan disiksa.

Melihat contohnya sudah jelas dong ya bagaimana harusnya kita bersikap? Karena setiap orang berhak hidup, maka kita tidak boleh sembarangan menghentikan hidup orang lain. Karena setiap orang punya hak mengeluarkan pendapat, maka kewajiban kita menghargai pendapatnya.

Jika pendapat orang lain sejalan dengan pemikiran kita, silakan dukung dengan penuh tanggung jawab. Namun, jika kita merasa tidak cocok dengan pendapat sekitar tidak pas dengan kata hati kita, tidak perlu bersikap kasar untuk menolak. Sampaikan ketidaksetujuan kita dengan cara yang santun.

  1. Hak Asasi Politik

Ini merupakan hak seseorang untuk dihargai pilihan politiknya.

Contoh hak asasi ini diantaranya hak memilih dan dipilih, ikut dalam kegiatan pemerintahan, mendirikan partai politik, mengajukan petisi, dan hak diangkat dalam jabatan pemerintahan.

Meski berpolitik ini sudah ada jaminannya, kita juga harus hati-hati dalam pelaksanaannya. Saat berharap orang memilih kita untuk satu jabatan, pastikan dulu kita sudah melakukan persiapan yang matang. Kita sudah memenuhi kriteria untuk dipilih. Jika sudah terpilih juga, kita harus jauh lebih berhati-hati. Tetap jaga amanah dan laksanakan tugas dan fungsi kita sebaik mungkin.

  1. Hak Asasi Hukum

Maksudnya hak seseorang untuk diposisikan sama di hadapan hukum dan pemerintahan.

Contoh hak asasi ini diantaranya hak mendapat perlakuan hukum yang sama, hak menjadi ASN, mendapat pembelaan hukum, dan layanan perlindungan hukum.

Yang harus dicatat di sini adalah kesadaran kita untuk memperlakukan orang seimbang sesuai prestasi dan kesalahannya tanpa memandang latar belakang keluarga, ekonomi, agama, atau pendidikan.

Jangan karena punya uang banyak, maka kita menganggap proses hukum bisa dibeli. Jangan juga menyepelekan orang lain. Hanya karena orang lain miskin atau berpendidikan rendah, maka kita merasa punya hak memperlakukan mereka seenak kita. Semua harus diperlakukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Hak Asasi Ekonomi

Hak ini maksudnya hak seseorang untuk melakukan kegiatan perekonomian. Diantaranya hak bebas bertransaksi jual beli, bebas mengadakan perjanjian kontrak, bebas sewa menyewa dan utang piutang, memiliki sesuatu, menikmati sumber daya alam, mendapat kehidupan yang layak, meningkatkan kualitas hidup, dan mendapat pekerjaan yang layak.

Ada satu fenomena aneh berkaitan dengan hak utang piutang ini. Banyak kejadian diberitakan jika orang yang meminjam utang bersikap kurang sopan terhadap yang memberi pinjaman.

Saat pinjam datang dengan memelas-melas minta dibantu. Tapi, saat tiba waktunya mengembalikan pinjaman, mereka bersikap masa bodoh. Bahkan ada yang sampai berlaku diluar kemanusiaan.

Karena kesal ditagih, si peminjam utang tega menyakiti bahkan menghilangkan nyawa si penagih utang. Sungguh keadaan dunia yang sudah jungkir balik.

  1. Hak Asasi Peradilan

Yaitu hak seseorang untuk diperlakukan secara baik dalam tata cara peradilan.

Contohnya hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan, persamaan atas perlakuan penggeledahan/penangkapan/penahanan/penyelidikan di muka hukum, mendapat kepastian hukum, menolak digeledah jika tanpa surat resmi, dan mendapat perlakuan adil dalam hukum.

  1. Hak Asasi Sosial Budaya

Contoh hak asasi ini adalah hak menentukan/memilih/mendapat pendidikan, mendapat pengajaran, mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat, mengembangkan hobi, berkreasi, memperoleh jaminan sosial, dan hak berkomunikasi.

Sekilas informasi tentang pengertian dan contoh-contoh hak asasi manusia ini semoga semakin membuka cakrawala kita bahwa hidup itu indah bila kita saling menghargai dan menghormati hak sesama.

Ketika kita memperlakukan orang dengan baik, semoga kitapun akan diperlakukan dengan baik juga oleh orang lain. Kita senang, orang lain tenang. Begitupun sebaliknya. Saat orang lain senang, kita pasti akan merasa tenang.

Indahnya hidup saat kita mampu mencintai diri sendiri sebaik kita mencintai orang lain di sekitar kita. Dunia akan menjadi tempat yang indah untuk ditempati.

Sumber: Kompas

Jumat, 25 Desember 2020

NulisBareng/Nopiranti

0Shares

Tinggalkan Balasan