BUKU SEO DARI NUBAR SUMATERA

Buku yang membahas apa itu SEO? Memangnya ada? Ini dia, keluaran terbaru dari Nubar Sumatera Rumedia.

Judul: Rahasia SEO Moms

Penulis: (Dewi Adikara) (Guest Star) (Mugniar) (Diah Dwi Arti) (Wiwin Pratiwanggini) (Hani Widiatmoko) (Eka Fitriani Larasati) (Renov) (Dwi Puspita) (Yuni Bint Saniro) (Jihan) (Ipeh Alena) (Arda Sitepu) (Adriana Dian) (Aisyah Dian) (Lidya Fitrian) (Rahmah Chemist) (Seftina) (Siska Dwyta) (Kyndaerim) (Sylvie Baihaty)

Penerbit: Rumedia

Blurb: Awal mengenal SEO, Dewi Adikara belajar otodidak. Selama ini ia konsisten menulis dengan teknik SEO on page. Sejak 2017 ia sering mendapatkan job karena sahabatblogger.com mudah di-crawling oleh google. Tahun 2020, ia dipertemukan dengan coach yang telaten serta teman-teman wanita yang selaras. Memiliki waktu terbatas namun semangat tak terbatas. Mereka punya Rahasia SEO. Siapakah mereka?
“Jangan pernah membandingkan teknik SEO antara satu orang dengan yang lainnya, semua dimulai dari praktik diri sendiri” – Dewi Adikara (Melani Pryta Dewi).
“SEO itu logika dan mudah dipahami, jika kau anggap sulit, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa kau kuasai” – Qbenk (M Sahlan).

***

Wah, menarik sekali event Nubar Area Sumatera kali ini. Dikarenakan ini adalah event yang hanya bisa diikuti oleh anggota SEO Moms. Jadi, tidak terbuka untuk umum. Isinya pun spesial. Sesuai judulnya, buku ini membahas tentang praktik SEO. Apa yang dimaksud dengan SEO? Bagaimana cara kerjanya? Dan kenapa penting sekali penggunaannya untuk blog? Tengok cuplikannya, yuk! Buku Nubar Sumatera yang mengupas tuntas apa itu SEO.

***

Materi yang dipaparkan bukan sekadar bahan ajar. Kami melakukan praktik dan juga dikenalkan strategi dalam menjalankan SEO. Moms ditempatkan di posisi yang begitu mulia. InsyaAllah, BangQ mengenalkan SEO basic pada kami dalam kemasan yang aman. Sehingga kami terbiasa untuk bermain dengan aman dan mengatur strategi sebaik-baiknya, agar kesehatan blog tetap terjaga. Kami belajar dan menjaga kedisiplinan dalam SEO Moms Community. (Pintu Rezeki Baru oleh Dewi Adikara)

(Note: Mbak Dewi Adikara, selaku PJ event ini adalah pemilik blog Sahabat Blogger dan Curhat Anak Sekarang, lho!)

Nah, uniknya. Cewek bisa menuliskan apa pun. Ibaratnya ya, orang Banyuates mau pergi ke Bangkalan akan lebih cepat jika melewati jalur utara ke arah Sepuluh, Klampis hingga sampai tujuan. Tetapi cewek bisa saja melewati jalur terjauh. Mereka mampir dulu ke Sampang lalu melalui jalur Selatan hingga ke Bangkalan. (Ketika Cewek Mulai Menerapkan SEO dalam Tulisannya oleh Yuni Bint Saniro)

Tahun 2008, aku mulai mempelajari seluk beluk dunia SEO, hingga akhirnya aku mulai mengikuti lomba-lomba SEO dari tingkat yang kecil pada tahun 2010. Akhir tahun 2012, di mana aku belum menemukan titik terangnya dalam dunia SEO, Bapak terlebih dahulu dipanggil Allah untuk menghadap-Nya. (Menembus Batas Impian oleh Guest Star)

***

Wah, sudah mulai ada titik terang mengenal apa itu SEO? Saya beri contoh beberapa tulisan yang saya anggap menarik. Persamaan blogger dengan penulis buku, keduanya sama-sama “menjual tulisan”. Tetapi, ternyata dua hal ini sangat berbeda keahliannya.

Blogger harus menguasai SEO. Sekali lagi, saya yang mengaku blogger pun merasa tergelitik selama proses pengeditan buku Nubar Sumatera yang mengupas tuntas apa itu SEO ini.  Karena saya adalah salah satu yang tidak mementingkan SEO. Maklum, karena saya lebih fokus ke buku.

Begitu juga sebaliknya. Ketika mengedit tulisan para blogger ini, saya akui sepak terjang mereka di dunia blogger, namun untuk penulisan masuk buku, beberapa hal harus diperbaiki. Salah satunya adalah pemakaian kata sesuai KBBI.  

Maka, di antara sekian banyak tulisan yang menarik, saya harus memilih satu naskah terbaik dari event ini. Siapakah dia?

Kalau sudah seperti itu, aku memanfaatkan dengan menulis artikel blog, mengatur SEO On Page dan publish lalu sedikit demi sedikit melakukan SEO Off Page. Karena untuk mencapai posisi page one memang membutuhkan keseimbangan antara On Page dan Off Page.
Mengapa butuh keseimbangan? Pastinya untuk membuat blog tetap aman ketika bersaing dengan blog atau situs-situs lainnya. Soalnya seringnya saat optimasi SEO, nafsu mengalahkan logika akhirnya timbul masalah. (Hindarkan Diri dari Kesalahan SEO oleh Rahmah Chemist)

Wah, selamat ya, untuk Mbak Rahmah Chemist. Sudah berhasil mendapatkan piala Nubar. Saya tidak hanya menilai dari isi tulisan, tetapi dari yang paling minim editingnya. Akhirnya pilihan jatuh pada tulisan Mbak Rahmah.

Mbak Rahmah, terbaik dalam buku Rahasia SEO Moms

Kemudian, seperti proses menjadi buku cetak pada umumnya, kita tinggal tunggu antrean layout buku keseluruhan selesai, nomor ISBN keluar, cetak buku dan sertifikat para kontributor, baru buku bisa dipacking dan masuk ekspedisi.

Yup. Pada akhirnya menulis buku dan blog adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Mohon maaf untuk teman-teman kontributor, dikarenakan minimnya penggunaan SEO pada postingan ini.

Yang lain, yuk, segera di-order buku ini. Terutama yang ingin mendalami dunia perbloggingan. Langsung kontak wa aku di 085273642724. Atau, bisa juga memesan melalui para kontributor yang namanya tertera di atas. Terimakasih.

Manajer Area Sumatera
Emmy Herlina

0Shares

4 comments

  1. Waaaaah, MasyaAllah, selamat mbak Rahmah. Terima kasih mbak Emmy dan pak Ilham💕

    1. Ilmu baru buat Mila. Kenal SEO pertama kalinya di agenda Tapis Blogger kemarin mbak. Semoga bisaterus belajar di dunia blogger dan juga SEO. Terima kasih mbak

  2. Sampai sekarang, saya masih belajar tentang SEO untuk blog. Memang gak sim salabim tulisan yg diposting langsung meroket ya, butuh usaha lagi dengan SEO nya.

Tinggalkan Balasan