Cara Membuat Cover Buku

Belajar Membuat Cover Buku, Yuk

Aku selalu kagum dengan seorang yang ahli buat desain. Maklumlah, bidang ini adalah salah satu passionku, dulu, sebelum akhirnya menyerah pada cita-cita menjadi seorang desainer. Lalu, keinginan itupun timbul kembali, terlebih setelah memasuki dunia literasi. Asyik kali, ya, kalau sebagai penulis, bisa sekalian buat covernya.

Bagaimana Cara Membuat Cover Buku?

Sudah lama, aku tergabung pada komunitas Nubar-Nulis Bareng bersama Penerbit Rumedia. Di bawah asuhan Pak Ilham Alfafa, seorang founder yang juga mendesain langsung all covers Nubar. Masya Allah, coba saja teman-teman lihat sendiri. Semua cover Nubar tidak ada yang mengecewakan. Tahu tidak, desain Pak Ilham ini, pernah ditawar senilai kurang lebih 500 ribu rupiah, dan fasilitas ini free untuk semua buku Nubar, lho!

Bisa dilihat sendiri teman-teman, ini adalah contoh Cover dari Area Sumatera.

Cover Buku Nubar Area Sumatera

Kenali sosok Manajer Area Sumatera lebih dekat, yuk.

Suatu hari, Pak Ilham pun menawarkan sebuah pelatihan membuat cover buku. Awalnya sih, aku ragu. Apa iya, aku bisa mendalami ilmu cara membuat cover buku nanti? Sementara dengan tugas seorang manajer yang sudah ada saja, aku sudah keteteran.

Lalu, berhubung PJ ku juga ada yang ikut serta, baiklah, kurasa ada baiknya ikut serta. Minimal untuk menemani PJ-PJ ku. Apalagi, pelatihan yang sebenarnya berbayar ini, merupakan fasilitas free untuk Manajer Area dan Penanggung Jawab, terutama yang sudah mendapatkan flashdisk untuk meng-install aplikasi Adobe dari Pak Ilham. Oiya, kami hanya cukup bayar flashdisk saja dung. Sudah tinggal pasang software di laptop masing-masing.

Baru kemudian, Pak Ilham mengadakan pelatihan via zoom. Pelatihan yang berjalan selama dua hari, dari Sabtu-Minggu, tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2021 ini, luar biasa. Kami benar-benar diajari dari 0 tentang software Adobe Photoshop.

Ada banyak tool yang harus dipelajari, supaya jelas fungsi-fungsinya.

Sebelumnya Pak Ilham menyampaikan pentingnya desain cover buku, antara lain:

  1. Pengklasifikasian karakter buku
  2. Penguat judul
  3. Perwakilan isi buku
  4. Penarik minat baca

Lalu, diajarkan juga kelebihan dan kekurangan menggunakan Adobe Photoshop. Baru memasuki tool di aplikasi ini beserta fungsi masing-masing.

Pelatihan Cover Buku dengan Adobe Photoshop dari Pak Ilham Alfafa

Pak Ilham fokus mengajarkan cara membuat cover buku, terutama yang biasa digunakan untuk buku Nubar. Baik dari ukurannya, lalu penempatannya, cara mengedit gambar, dan lain-lain.

Di hari kedua, Pak Ilham lanjut menjelaskan tentang penggunaan aplikasi. Fokus ke data mentah untuk cover, Pak Ilham menyampaikan menempatkan garis-garis batas di semua sisi cover. Garis-garis ini yang akan membantu menempatkan gambar maupun tulisan pada cover buku agar tampak sistematis.

Beliau pun sempat menyampaikan, kadang percetakan mengeluhkan gambar cover dari penerbit lainnya, dikarenakan gambarnya tidak sistematis. Jadi, hasilnya tidak pas begitu dicetak pada buku. Berbeda dengan Penerbit Rumedia yang selalu menyerahkan layout yang rapi. Sehingga hasilnya pun setelah menjadi buku akan rapi.

Hasilnya setelah mengikuti kedua kelas ini? Alhamdulillah, jadi dapat tambahan ilmu baru. Meskipun perlu bekerja keras untuk dapat mengaplikasikannya. Untung, sebagai hak tambahan untuk peserta, dibagikan rekaman pelatihan, sehingga saya bisa membuka dan belajar lagi. Berhubung dua kali ikut, tidak bisa full konsentrasi. Yang pertama karena masih di tempat kerja, yang kedua, karena sambil menemani anak-anak.

Hasih Latihan Membuat Cover Buku yang belum sempurna

Tak hanya itu, kami pun akan mendapatkan softfile materi tambahan dari Pak Ilham. Luar biasa. Harapanku, nanti kalau ada waktu luang lebih, bisa mempelajari lagi cara pembuatan cover ini. Sepertinya asyik, kalau berhasil buat cover sendiri.

Bandar Lampung, 1 Agustus 2021

0Shares

5 comments

  1. Quote ‘dont judge books by its cover’ perlu ditinjau ulang yah. Karena justru perlu banget desain cover buku yang mewakili isi bukunya kan ya…
    Engga mudah ya mendesain cover buku. Semoga sukses Mbak ya…

    1. Betul sekali ya mba, sangat susah mendesai cover buku. Karena harus mewakili isinya. Biasanya dari cover orang tertarik membacanya.
      Sukses ya, titip salam sama Pak Ilham, saya pernah ikut nubar nya beliau nih.

  2. Berkah manfaat ilmunya Pak Ilham Ya, Mbak Emmy…Cover buku Nubar selalu menarik hati. Inspiratif ide desainnya. Eh, mau ngajarin desain cove buku gratis pula.
    Senangnya bisa dapat ilmu, dan Mbak Emmy membagikan pula di blog. Semangat terus mencoba, ilmu baru akan menambah wawasan kita.

  3. Cover buku solo, “First Love Never Die” -nya so sweeet, Mbak๐Ÿ˜๐Ÿ˜kalau sudah terbit, aku mau ya๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  4. Waaainiii peluang baru buat mendulang fulus ni mba hehehe.. aku pengin bisa bikin cover. Eh mentoknya ke canva lagi canva lagi wkwkwkk hadeuuuh… Pdhl soft skill kayak gini tuh keren bgt yaaa

Tinggalkan Balasan