Otak

Arti Tanggung Jawab (Athena Hulya)

Arti Tanggung Jawab

            Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab merupakan keadaan wajib menanggung segala sesuatu, jika terjadi kesalahan pada sesuatu yang dilakukan itu berhak untuk dipersalahkan,dituntut dan juga diperkarakan. Tanggung jawab adalah bagian dari hidup manusia, tiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Manusia dan tanggung jawab, dua hal yang tidak dapat terpisah.

            Tanggung jawab dapat dibedakan sesuai dengan hubungan yang terjalin, yaitu seperti :

  • Tanggung jawab terhadap Tuhan yang Maha Esa, tingkatan tertinggi dari sebuah tanggung jawab, ini berlangsung dari lahir hingga akhir hayat. Segala tindakan yang kita lakukan selama hidup akan dimintai pertanggung jawab oleh Tuhan. Melakukan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Tuhan dan menjauhi segala larangannya adalah sebuah tanggung jawab besar.
  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri, tiap orang memiliki hal-hal yang harus dipenuhi kewajibannya. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab terhadap diri sendiri.
  • Tanggung jawab kepada orangtua dan keluarga, tanggung jawab ini memiliki banyak poin-poin yang harus dilakukan. Dari mulai kesehatan, keselamatan, danĀ  kesejahteraan terlebih kesejahteran finansial harus ditunjang.
  • Tanggung jawab terhadap sesama. Manusia membutuhkan manusia lain guna agar tetap hidup. Manusia memiliki tanggung jawab untuk mensejahterakan manusia lainnya. Membantu mencari solusi atas permasalahan yang terjadi pada orang lain adalah suatu bentuk tanggung jawab terhadap sesama.

Orang yang memiliki rasa tanggung jawab adalah orang-orang yang dapat dipercaya, dapat diandalkan juga dihargai oleh orang sekitar. Orang yang bertanggung jawab juga kelak akan memperoleh kebahagiaan, sebab ia melakukan semua kewajiban yang diberikan padanya dengan sebaik mungkin.

11 July 2020

Nulisbareng/ Athena Hulya

0Shares

Tinggalkan Balasan