Alkisah di Hari Kedua LEBARAN (oleh Ade Tauhid)

Alkisah di Hari Kedua Lebaran: Episode Nyolong Jambu Tetangga
By Ade Tauhid

Maktri menatap air hujan yang mengguyur turun dari langit dari jendela ruang keluarganya. Deras seperti gentong besar air yang tercurah di waterboom. Byurrr!!!

Kebayang dong diguyur begitu, Mana ada geluduknya lagi gede-gede, memekakkan telinga maktri khan, jadi atut.
Untung tangan kokoh paksu sigap memeluk bahu maktri erat.

“Lebet banget hujannya ya, Mi,” kata paksu. “Dari tadi Mami menatap hujan aja, ada apa memangnya?” Paksu mengecup jidat maktri mesra.
Haha, maaf pemirsah jangan ngirik! kwkwk.

Ini hari kedua lebaran. Seperti orang orang lainnya, rumah maktri juga sepi para pengunjung. Tidak ada silaturahmi secara langsung, tapi online .. hahah!

Sedih? Enggak juga, khan yang lebaran model begini enggak cuma maktri. Tapi hampir seluruh umat manusia di dunia yang merayakan lebaran sepi di tengah covid seperti ini.

Enggak pakai baju baru, enggak pakai sepatu baru dan enggak ada yang nyawer.
Bikin ketupat sendiri -makan sendiri. Bikin kue sendiri-makan kue sendiri. Sedih?

Iya, enggak, dong! Khan bukan Maktri sendiri yang begini, jadi maktri enggak perlu sedih. Kecuali kalau lebaran di tengah covid ini cuma maktri yang ngalamin, trus paksunya enggak. Iya, sedih, dong, maktrinya. Hehe.

Kak Ais dan Radit ke mana, Mak? Hari ini kedua anak Matri itu sukses molor! Gabut katanya, kagak bisa ke menong-menong.
Ya, sudahlah!

Kemarin saja mereka sibuk vidcall-an menyapa teman-temannya.
“Aku kangen, apa kabar?”
“Kapan jalan-jalan lagi?”
“Sedih gue.”
“Lu ngapain?”
“Eh, rambut lu gondrong.”
“Emak lu bikin ketupat, enggak?”
“Sepi yang nyawer.”
“Iya.”
“Biasanya duit gua banyak, bisa buat nraktir yayank Bebi.”
“Lu gimana?”
“Gue??”
xoxoxo
xixixi
Haha
Hehe
Hoho
Dst
Dst

Tapee, deeeh!
Macem macem bahasanya, rame banget suara hingar-bingar mereka. Baru beberapa bulan loh, tidak ketemu, gimana kalau sudah setahun? Lebih lebay kali.

Maktri cuma bisa geleng-geleng kepala dan tersenyum senang. Walaupun Wi-Fi di rumah menyusut. Tapi maktri senang, maktri khan, ibu yang baik, salihah n caem lagi.
Yang penting buat maktri, anak-anak di rumah saja. Kagak ke menong-menong. Mau mereka hanya molor seharian buat maktri no problem!

Sekarang walaupun Maktri sedang memandang ke luar jendela, bukan berarti Maktri sedang memandang hujan. Jangan nuduh, loh, paksu tadi di atas nanya apa nuduh, ya? Haha!

Tahukah? Sesungguhnya Maktri itu sedang melongok ke tembok tetangga sebelah yang tingginya hampir dua meter. Di sana ada pohon jambu yang sedang berbuah.

“Lihat, Pi,” kata maktri sambil memonyongkan mulutnya ke arah rumah tetangga.
“Pohon jambu maksudnya?” tanya paksu
“Hooh!”
“Ngapain, ah,” sahut paksu langsung melepaskan tangannya dari bahu maktri dan duduk di sisi jendela.
Paksu tahu banget maksud maktri, pasti nanti paksu disuruh minta dan manjat pohon jambu tetangga itu.
Ih, ogah!

“Pi …,” kata maktri
“Beli aja di pasar, deh, enggak usah minta, malu-maluin aja,” katanya pakai cuek.

“Pi, sini, deh ….”

“Enggak, ah!”

“Gede-gede, beda, Pi, dengan yang di pasar.”

“Besok Papi beliin di pasar yang gede.”
“Emang ada?” tanya maktri senang.
“Enggak ada.”
Jiya!

Sebenernya maktri sebel banget sama tetangga sebelah. Masak kagak ada inisiatif² acan buat ngasih jambunya buat maktri.
Duh, maktri ngomong pakai bahasa apaan ya barusan? Pada ngerti enggak, ya?
Gini loh, intinya maktri pingin jambu tetangga. Tapi tetangga belum ngasih.
Tetangga apaan itu?
Medit! Merki!

Padahal daun-daun jambunya sering jatuh ke halaman rumah maktri, halaman rumah maktri khan, jadi kotor, tapi maktri enggak suruhin, tuh, tetangga buat nyapuin.

“Maktri kalau mau jambu ambil aja ndili, yaa!” teriak tetangga sebelah suatu ketika. Waktu maktri sedang menarik narik dahan jambu tetangga yang menjuntai ke arah rumah maktri.
Ish, ketauan deh!
Maktri sontak melepaskan pegangannya.

Dasar tetangga enggak peka! Enggak punya inisiatif, enggak ada hati.
Dasar medit!

Masak Maktri disuruhin ambil ndili? Disuruh manjat gitu, emangnya Maktri monkey? Dasar aja tetangga enggak niat, dia tau Maktri kecil orangnya, pasti dipikirnya maktri enggak mungkin manjat itu jambu. Maka selamatlah jambunya. Huh!

“Enggak boleh gitu, Sayang, masak sama tetangga jutek gitu,” kata paksu seperti tahu isi hati maktri.

“Eh, Pi, sini, deh …,” kata maktri sambil menarik tangan paksu. Menarik ke arah sisi yang lain di jendela. Mau tidak mau pakai jadi berdiri dan mengikuti arah maktri berjalan.

“Lihat, Pi,” kata maktri tersenyum sumringah sambil menunjuk sebuah jambu berukuran besar yang menyembul di balik tembok rumah maktri, ditutupi dedaunan. Nyaris tidak kelihatan kalau tidak dipelototi dengan seksama.

“Gede banget, Mi,” kata paksu ikutan senang. “Eh, tapi enggak boleh, ding, Mi, jambu milik tetangga itu,” kata paksu surut.

“Eit, Pi, itu jambu halal buat kita, enggak perlu minta,” kata maktri.

“Idih!”

“Konon katanya, Pi, kalau ada pohon tetangga tapi buahnya atau juntaian rantingnya memasuki halaman tetangga sebelahnya, berarti si tetangga itu boleh mengambil buahnya tanpa meminta. Sudah menjadi hak si tetangga gitu lho, Pi. Seperti kita sekarang ini, Pi, berarti kita tetangga yang beruntung,” kata maktri memberi penjelasan.

“Iya sih, Lapi pernah juga denger itu,” kata paksu.

“Nah! Ayo tunggu apalagi? Ambil! Mumpung hujan sudah berhenti,” kata maktri sambil mendorong paksu ke luar rumah.

“Entar dong, sabar!”

“Ayolah! Mumpung jam-jam segini orangnya enggak ada, Pi,” kata maktri sambil mendorong tubuh papi yang gembul. Berat banget, sih!

“Tunggu, Mi, sebentar. Kok, Mami tahu, sih, kalau tetangga sebelah jam segini sedang enggak ada? Hmm …,” tanya paksu sambil berbalik memandang maktri penuh curiga.

Dipandang begitu maktri tersipu malu. Malu-malu kucring gitu. Ih, kok kucring?
Hayo, apa bedanya kucring sama kucing? Kalau kucing khan, kakinya empat.
Trus, kalau kucring? Kucring kakinya emprat. Haha!

“Hayo ngaku, Mami pasti sudah ngintip, khan, sebelumnya? Kalau begitu jangan-jangan Mami ya, sengaja narik narik ranting jambu itu biar masuk ke tembok kita, ya? Hayo ngaku,” tanya paksu menatap maktri lekat lekat. Paksu tahu nih, akal bulusnya Maktri.

Ditatap penuh curiga begitu, Maktri semakin tersipu (enggak) malu lagi sama paksu.

“Khan, sama aja, Pi,” kata makti kedip kedip.

“Iya, enggaklah, Mi, kalau rantingnya ditarik paksa gitu biar jambunya masuk ke tembok kita, nyolong itu namanya, Mi,” kata paksu terkekeh, sambil masuk ke dalam. Enggak jadi ngambil jambu.

“Idih, Papi!” kata maktri mengejar paksu ke dalam, sebel dibilang nyolong.

“Enak aja bilang nyolong!” kata maktri sambil memukul bahu papi pelan.

“Iya,nyolong itu,” sergah papi nyengir sambil mengusap bahunya.

“Enggak!”
“Iya!”
“Enggak!”
“Iiiiiyy …” Belum selesai paksu ngomong iya, Radit dan kak Ais kedua anak maktri keluar dari kamarnya.

“Kak Ais mau jambunya, Pi,” katanya.

“Radit juga!” sahut Radit.

Maktri melirik paksu, alisnya diangkat berkali-kali. Tuwing-tuwing! Mata maktri berbinar senang.

“Tuh, khan,Pi ..?” Maktri menyenggol bahu paksu.

“Ogah!” kata paksu.

“Pi …”
“Ogah!”
“Pi …”
“Pi …”
“Ogah!”

Paksu dikeroyok tiga orang.
Kira-kira apa yang dilakukan paksu? Apakah akhirnya paksu luluh oleh rengekan tiga orang yang dikasihinya itu? Demi sebuah jambu? Apakah pertahanan paksu jebol, dan jadi nyolong jambu?

Auk, deh! Haha.

Bandar Lampung, Senin, 25 Mei 2020

Nulis Bareng/Ade Tauhid

0Shares

Tinggalkan Balasan