Aglonema Fenomenal yang KEKINIAN oleh Ade Tauhid

Aglonema Fenomenal yang Kekinian
By Ade Tauhid

Maktri memarkirkan mobilnya di halaman rumah. Maktri baru saja pulang dari belanja.

“Assalamualaikum, my dear Papi,” salam Maktri ke Paksu yang lagi ngepel.

Paksu mah keren, suami baik dia. Kalau libur begini, Paksu memang selalu membebaskan Maktri mau pergi ke manapun, bersenang-senang. Sedang Paksu yang di rumah beberesan sampai kinclong.

“Waalaikumsalam, my honey bunny Mami,” jawab Paksu sambil selonjoran. Capek abis ngepel.

“Eh Pi, tulung turunin barang belanjaan Mami ya, di mobil. Tapi awas, ati ati kalau nurunin pot bunga baru Mami ya. Itu pot terbuat dari gerabah, Pi, kalau tidak hati hati bawanya, nanti pecah. Kalau pecah repot Mami nanti. Soalnya Mami dapetin potnya sussee, kudu inden. Ini baru hari dapet. Ati ati pokoknya Pi ya, Pot mahhhall!” kata Maktri cerewet bukan kepalang.

“Ok siap, Cinta,” kata Paksu nurut banget.
Iyalah ketimbang diteriakin kayak Tarzan mending nurut. Lagian meskipun Maktri cerewet gitu, Maktri itu hatinya baik loh, rajin menabung. Mana cantik lagi. Paksu kan cinta, batin Paksu bucin. Ha-ha-ha.

Tidak lama, Maktri nongol lagi dari dalam.
“Sudah, Pi?” tanya Maktri, ngontrol. “Gimana keren khan, Pi, potnya?”

“Buat nanem apa, Mi, gede banget potnya?”

“Inih!” kata Maktri sambil nunjukin dua buah bunga yang masih di polibag. Bunga kecil mungil.

“Apa tu?” tanya Paksu.
“Aglonema.”
“Oh, bunga yang fenomenal itu, Mi? Kok kecil amat, kok enggak beli yang gede. Apa bisa idup itu?” tanya Paksu ragu.

Maktri mengangguk.
“Yang gede mehong, Pi, dua juta -tiga juta. Jadi Mami beli yang kecil aja, enggak apa-apa deh, lama-lama juga gede.”

Pinter. Ngirit ni bini, tumben, batin Paksu.
“Bagus sih, warnanya merah, tapi kecil banget. Takutnya enggak idup.”

“Yang daun tiga segede tiga jari aja sudah tiga juta loh, Pi. ini Alhamdulilllah Mami dapet murah meski kecil banget daunnya masih sekelingking,” jelas Maktri sambil memandang kagum aglonema barunya.

“Ini harganya berapa, Mi? Gocap ya?” tebak Paksu.

“Enak aja gocap. Gopek!”
“Gopek?”
“Iya gopek. Maratus rebu,” jawab Maktri.
“Inang! Sebiji ini? Kecil gini?” tanya Paksu kaget, tidak percaya.

“Ho oh!”
Aduh Mami, buat benda sekecil itu, maratus rebu itu, mahhal!
Tapi Paksu enggak berani omong, takut Maktri ngambek, terus nangis. Paksu khan enggak tega.

Paksu cuma bisa gemas sambil ngunyah sendal. Hihihi.

“Napa, Pi, kayak orang kaget gitu. Biasa aja kale. Tenang aja, Mami enggak bakalan nyuruhin Papi kok yang nanem, Mami nanti yang kerjain sendiri.”

“Ciyus?”
“Iyap!” kata Maktri sambil mengedipkan sebelah matanya.

“Enggak takut?” ledek Paksu.
“Takut apa?”
“Cacing? Ulet? Hiiii …”
“Enggaklah!”

Tapi Paksu tidak yakin dengan Maktri, Maktri tuh, orangnya anti ribet. Paling ogah kalau ngurusin tanaman. Nyiram bunga aja jarang. Boro-boro mau pegang pegang tanah.

Pernah tuh, dulu pingin bantuin Paksu nanem bunga. Tapi begitu ketemu cacing, langsung Maktri kejat kejat. Ha-ha-ha.

Tapi ini gara-gara aglomena lagi viral. Maktri jadi mau nyoba bercocok tanam lagi. Lagian masak emak-emak sekomplek sudah punya aglonema, Maktri belum? Ntar Maktri dibilang enggak update lagi. Maluk, dong!


Sore harinya, dengan hati riang gembira Maktripun bersiap berkebun.

Dengan mengerahkan seluruh keberanian yang tersisa dan mengalahkan semua ketakutan yang ada. Tak sebersitpun rasa takut akan cacing melanda. Halah, puitis amat!

Tak lupa, Maktri memakai atribut berkebun lengkap, pakai sepatu boat, celana panjang, baju lengan panjang masker dan sarung tangan, ini Maktri mau berkebun apa mau jadi garda terdepan penanggulangan Covid 19 ya? Lengkap bener .. Ha-ha-ha.

“Mau ditanem di mana Mi, bunganya?” tanya Paksu.

“Di pot baru Mami dong,” jawab Maktri ceria.

“Waah jangan Mi …”
“Kok, jangan, maksudnya apa, nih?” tanya Maktri curiga.

“Kalau Papi boleh saran nih, biarkan saja dulu di polybag aglonemanya. Masih terlalu kecil kalau dipindahin ke pot sebesar itu. Nanti kaget bunganya, mati loh nanti,” jelas Paksu panjang.

“Biarin aja, jangan khawatir Pi, enggak usah modus deh, enggak usah larang-larang Mami berkebun. Mami tau, Papi khawatir kalau Mami takut sama cacing, khan? Dont worry, Pi, istri Papi ini orangnya seterong!” kata Maktri jagoan.

“Okelah!” kata Paksu. “Ati-ati ya, Mi, kalau perlu bantuan bilang Papi, ya.”

Yo!”


Kemudian Paksu balik badan hendak masuk ke dalam rumah.
Tapi berbarengan Paksu mau balik badan, tiba-tiba Maktri teriak heboh.

“Papiiiiiii …. iiiiyyy .. caciiing …iiii, Papii lontong eh tolong ..!” Maktri teriak ketakutan, Maktri berlari tunggang langgang sampai sampai nyeruduk Paksu yang lagi bengong.
Karena posisi lagi enggak siap -diseruduk begitu, Paksu langsung oleng. Lalu ….

“Gubrak!’ Paksu terdorong ke belakang, paksu tidak dapat menahan badannya yang oleng, lalu Paksupun jatuh terlentang. Disusul Maktri yang tadi lari nyeruduk Paksu mendarat dengan manisnya ikut jatuh menimpa Paksu.

“Aduh, Mami!”
“Aduh, Papi!”
“Aduh!”
“Aduh!”
“Aduh, bangun, Pi, bangun!” kata Maktri sambil bangkit dan mendorong dorong badan Paksu yang gendut.

“Aduh, aglonema Mamiiii .., Papi timpa!” Maktri histeris.
“Papi jahat! Papi jahat!” Paksu bangun dan terduduk, lalu menoleh ke belakang.

Hmm, pantesan tadi kok, punggung Papi kerasa ada yang ganjel dan bunyi “kres” gitu.

Alamakjaan! Ternyata Aglonema Maktri yang baru dibeli ringsek ketimpa body paksu yang nyaris 80 kilo.

“Patah semua daunnya, Pi,” kata Maktri sedih sambil memungut aglonema fenomenalnya.

“Hancur semua. Papi siiii!” kata Maktri marah. “Ganti! Pokoknya, ganti!” kata Maktri sambil mukulin dada Paksu dengan satu tangannya.

“Iya Sayang, nanti Papi ganti ya,” kata Paksu sambil meraih kedua tangan Maktri dan mengajaknya berdiri.

“Mahal tauk, Mami belinya,” kata Maktri sedih banget. Kemudian Maktri mengeluarkan jurus mautnya ke Paksu.Yaitu: Mewek!

“Cup cup, jangan nangis, ya.” Paksu jadi kasihan beneran, Paksu mengusap air mata Maktri dengan lap kompor eh .. dengan kedua tangannya ding. Tangan yang kekar, tangan yang selama ini bikin Maktri nyaman sama Paksu.

“Jangan nangis lagi ya, yuk kita masuk ke dalam,” ajak Paksu.
“Tapi, ganti aglonemanya,” kata Maktri sambil monyong-monyong gumuuz.

“Iya, nanti Papi ganti ya,” kata Paksu lembut sambil menggandeng tangan Maktri berjalan ke dalam rumah.

Tapi baru beberapa langkah mereka berjalan, Paksu teriak, “Mi, awas ada cacing, Mi!”

“Iii ..Papi ..Papi ..Papiiii!” Maktri langsung lompat ke pelukan Paksu. Erat memeluk leher Paksu. Atut diye! Kali ini Paksu enggak oleng lagi, dengan sigap Paksu balik memeluk pinggang Maktri dengan sayang. Modus nih, Paksu.

Hahai! Andai saja hujan turun hari ini, mungkin kisah Paksu dan Maktri menjadi makin romantis ya, kayak di sinetron-sinetron. Ha-ha-ha.

Bandar Lampung, Selasa, 13 Oktober 2020

Nulisbareng/AdeTauhid

0Shares

Tinggalkan Balasan